Kompas TV bisnis bumn

Jalan Tol Getaci Dibangun Mulai Akhir 2022, Siapa yang Mengerjakan?

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 07:38 WIB
jalan-tol-getaci-dibangun-mulai-akhir-2022-siapa-yang-mengerjakan
Rencana rute atau trase Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dengan kepemilikan saham minoritas di Badan Usaha Jalan Tol PT Jasamarga Gedebage Cilacap (PT JGC), PT Waskita Karya (Persero) Tbk membidik jasa konstruksi pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).

Direktur Utama Waskita Destiawan Soewardjono menyampaikan, keikutsertaan BUMN konstruksi itu pada konsorsium JGC masih berfokus pada proyek-proyek infrastruktur dalam skala minoritas dan berperan aktif dalam proses konstruksinya. Dengan demikian, target kontrak baru jasa konstruksi dapat tercapai pada 2022.

“Berbekal dukungan dari Pemerintah serta kesuksesan implementasi 8 stream penyehatan keuangan Waskita pada tahun lalu, Perseroan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja keuangan yang berkelanjutan dengan fokus pada bisnis operasional di tahun 2022 dan mengutamakan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan Manajemen Risiko dalam setiap proses pemilihan kontrak baru,” ujar Destiawan dalam keterangan tertulis, Minggu (6/2/2022).

Dalam hal ini, Waskita bersama konsorsium memenangkan lelang pembangunan tol Getaci melalui pendirian BUJT PT JGC.

Baca Juga: Waskita Jual Saham di Tol Cimanggis-Cibitung Rp1,7 T Buat Bayar Utang

Mayoritas saham JGC dimiliki antara lain oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Dayamulia Turangga, PT Gama Group, PT PP (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Jasa Sarana dan Perseroan. 

Pada konsorsium ini, Waskita memiliki saham minoritas sebanyak 12.191 lembar saham atau setara dengan 20 persen kepemilikan.

Pendirian JGC ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi Waskita untuk mendapatkan porsi konstruksi dalam pembangunan jalan tol Getaci.

Sebelumnya JGC mengatakan bahwa pembangunan tahap pertama Getaci akan dimulai pada akhir 2022.

Adapun, Direktur Utama JGC Jo Mancelly menyebutkan, pembangunan jalan tol itu akan dilakukan dalam dua tahap.

Pembangunan tahap pertama, yaitu Seksi 1 dan Seksi 2, dimulai dari junction Gedebage hingga Simpang Susun (SS) Tasikmalaya sepanjang 94,22 km. 

Pembangunan konstruksi untuk tahap pertama ini ditargetkan dimulai pada akhir 2022 dan rampung pada 2024.

Kemudian untuk tahap kedua, yaitu Seksi 3 dan Seksi 4, dimulai dari SS Tasikmalaya hingga SS Cilacap sepanjang 112,43 km, termasuk main road sepanjang 1,3 km pada Seksi 1 yang terkoneksi dengan rencana Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

Baca Juga: Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Jokowi Sebut Rakyat akan Menikmati

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x