Kompas TV nasional kesehatan

Sederet Publik Figur Pejuang Kanker, dari SBY hingga Ari Lasso

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 10:59 WIB
sederet-publik-figur-pejuang-kanker-dari-sby-hingga-ari-lasso
Ilustrasi. Kolase foto mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan penyanyi Ari Lasso masuk dalam deretan publik figur yang berjuang melawan kanker. (Sumber: Kompas.tv/An & Instagram Ari Lasso)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Hari Kanker Sedunia diperingati tanggal 4 Februari setiap tahunnya. Tujuannya agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan mengedukasi diri tentang pentingnya upaya pencegahan kanker.

Pencegahan atau deteksi dini sangat penting dilakukan sebab beberapa penyintas dan pejuang kanker menyatakan mereka mengaku mulanya tidak mengetahui sedang mengidap kanker. Hal tersebut bahkan juga dialami oleh sejumlah publik figur di Indonesia. Mulai dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Ari Lasso.

Penyanyi solo Ari Lasso bahkan tak henti memberi semangat kepada para penderita kanker lainnya untuk tidak pernah kehilangan harapan selama proses penyembuhan.

"Untuk teman-teman yang masih terus berjuang. Jangan pernah kehilangan harapan. Semangat.. Selalu ada harapan," tulis Ari Lasso dikutip KOMPAS.TV dari akun Instagram pribadi, Jumat (4/2/2022).

Berikut ini sederet publik figur pejuang kanker yang sedang dan masih berjuang untuk sembuh:

1. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan sudah sembuh dari penyakit yang dideritanya yakni kanker prostat. Ketua Mejelis Tinggi Partai Demokrat itu sembuh setelah menjalani operasi dan serangkaian proses medis di Amerika Serikat.

Demikian informasi kesembuhan SBY itu disampaikan oleh mantan Sekretaris Kabinet era SBY Dipo Alam melalui cuitannya lewat media sosial Twitter.

"Alhamdulillah, Kita Ucapkan Syukur kepada Tuhan, Pak @SBYudhoyono sudah sembuh kembali. Semoga dengan kesehatannya yang telah pulih, siap beraktivitas kembali di Tanah Air. Terima kasih pada dokter2 dan Pemerintah yang telah memfasilitasi pemulihan kesehatan pak @SBYudhoyono," kata Dipo Alam lewat akun Twitter @dipoalam49, Kamis (16/12/2021).

2. Randy Bachtiar

Penyanyi Tasya Kamila mengungkapkan perjuangan suaminya, Randi Bachtiar, melawan penyakit kanker limfoma Hodgkin salah satu jenis kanker kelenjar getah bening.

Tasya Kamila mengatakan, Randi secara rutin menjalani kemoterapi hingga radiasi untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

Tasya menyebut Randi telah menjalani 4 kali kemoterapi dan 24 kali radiasi. Kemudian Randi pun dinyatakan sembuh dari kanker.

"Setelah menjalani 4 kali kemo dan 25 kali radiasi, setelahnya 1,5 bulan nunggu kemudian baru dipersilahkan melakukan CT Scan lagi, Alhmadulillah Randi sudah bebas dari kanker," kata Tasya.

Baca Juga: Hari Kanker Sedunia 4 Februari dan Ajakan Turunkan Beban Masyarakat

3. Aisha Aurum

Putri penyanyi Denada, Aisha Aurum diketahui telah dinyatakan sembuh dari kanker darah putih atau leukemia. Denanda memilih Singapura sebagai tempat penyembuhan putrinya ini.

Kabar terbaru, kondisi Aisha disebut sudah makin membaik dan sudah boleh sekolah. "Anakku Alhamdulillah baik, sudah boleh sekolah. Kan kemarin-kemarin nggak boleh," jelas Denada, dikutip Tribunnews Selasa (2/1/2022).

Diterangkan Denada, Aisha mulai bersekolah pada Agustus 2021 lalu.

"Jadi sekarang dia udah boleh sekolah sama dokternya itu Alhamdulillah aku bersyukur banget, (bersekolah) baru Agustus lalu," ungkap Denada.

4. Feby Febiola



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x