Kompas TV nasional politik

Mengejutkan! Hasil Survei IPRC Soal Capres 2024: Ridwan Kamil Ungguli Prabowo

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 09:50 WIB
mengejutkan-hasil-survei-iprc-soal-capres-2024-ridwan-kamil-ungguli-prabowo
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerbitkan Keputisan Gubernur tentang UMK 27 Kabupaten/Kota di Jabar. Kota Bekasi menjadi daerah di Jabar dengan UMK tertinggi pada 2022 (1/12/2021). (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) menyatakan elektabilitas Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berhasil mengungguli Prabowo Subianto sebagai calon presiden atau capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif IPRC Firman Manan, dalam pemaparan hasil survei Kontestasi Politik 2024, mengatakan keunggulan elektabilitas Ridwan Kamil terhadap Prabowo sangat tipis.

Baca Juga: Hasil Survei, Ini 3 Capres Jagoan Pilihan Warga NU

"Dalam simulasi terbuka terkait kandidat calon presiden pada Pemilu 2024, diketahui hasilnya bahwa 9,2 persen responden memilih Ridwan Kamil, disusul oleh Prabowo Subianto di urutan kedua dengan dipilih 8,9 persen responden," kata Firman melalui keteranan resminya yan dikutip pada Selasa (1/2/2022).

Firman mengatakan, jika dilihat dalam konteks Pilpres 2024, sosok Ridwan Kamil memang mendapatkan dukungan terbanyak dari warga Jawa Barat, tetapi belum maksimal atau signifikan.

"Apalagi kalau kita kaitkan dengan hasil survei di sini yang menyatakan 68 persen rakyat Jawa Barat itu kan setuju capres atau cawapres dari Jawa Barat," kata dia.

Ketika dikonfirmasi kepada responden terkait sosok capres atau cawapres dari Jawa Barat yakni Ridwan Kamil, diketahui bahwa hasilnya ternyata belum optimal.

Baca Juga: Survei Sebut Erick Thohir Jadi Capres Pilihan Warga NU, Ini Sebabnya

"Dan hasilnya ternyata yang tertinggi hanya 23 persen. Ini menunjukkan bahwa masih sangat belum optimal," ujar dia.

Menurut dia, temuan tersebut dikarenakan sejumlah faktor seperti karakter warga Jawa Barat yang memberikan atau menentukan pilihan untuk capresnya di akhir waktu Pemilu.

Kedua, orang belum terlalu yakin kalau Ridwan Kamil akan maju di Pilpres karena kendaraan politiknya sampai saat ini belum ada. 

"Dan bahkan sekarang ada isu akan maju jadi Kepala Otoritas IKN. Hal ini membuat publik bingung," kata dia.

Baca Juga: Survei Zigi dan KIC: 61 Persen Generasi Z Pakai Fasilitas Paylater Buat Kebutuhan Fashion dan Pulsa



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x