Kompas TV regional berita daerah

Bersih- Bersih Altar Jelang Imlek

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 14:10 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - Pembersihan altar dan arca para dewa mulai dilakukan. Pembersihan dilakukan pada enam hari sebelum Imlek. Pembersihan altar dan arca para dewa dilakukan setelah tengah malam tadi digelar persembahyangan dewa naik.

Di Klenteng T.I.T.D Ling Gwan Gong, Buleleng, Bali, persembersihan altar dan arca para dewa digelar dari pukul 09.00 Wita. Proses pembersihan dilakukan oleh para pengurus klenteng. Proses pembersihan arca ini dikenal dengan proses penyucian perwujudan para dewa dan dewi yang berstana di Klenteng Ling Gwan Gong.

Seluruh arca dan benda-benda pusaka yang ada di klenteng mulai dibersihkan satu persatu. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan kuas dan air kembang. Total arca yang ada di Klenteng Ling Gwan Gong berjumlah 13 belas buah. Selain melakukan penyucian arca para dewa, juga dilakukan pembersihan tempat arca, dan penataan klenteng menjelayang perayaan Imlek, Tahun Baru Cina 2573, yang jatuh pada tanggal 1 Februari 2022.

Klenteng T.I.T.D Ling Gwan Gong yang berada di kawasan Pelabuhan Tua Buleleng, merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Buleleng Bali. Dewa utama yang di puja di T.I.T.D Ling Gwan Gong adalah dewa Chen Fu Zhen Ren.

 

 

 

#klentenglinggwangong #pelabuhantuabuleleng #imlek2573

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x