Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Bekukan Pembiayaan Militer ke Mesir dengan Alasan Pelanggaran HAM

Sabtu, 29 Januari 2022 | 20:38 WIB
amerika-serikat-bekukan-pembiayaan-militer-ke-mesir-dengan-alasan-pelanggaran-ham
Pemerintah Amerika Serikat hari Jumat (28/1/2022) membatalkan bantuan pembiayaan militer senilai USD130 juta ke Mesir karena masalah hak asasi manusia, seperi dilansir Associated Press, Sabtu, (29/1/2022). (Sumber: AP Photo/Amr Nabil)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pemerintah Amerika Serikat pada hari Jumat (28/1/2022) menyatakan pembatalan bantuan pembiayaan militer senilai USD130 juta ke Mesir. Pembatalan dilatari terdapat permasalahan pelanggaran hak asasi manusia di Mesir.

Pengumuman itu muncul hanya beberapa hari setelah pemerintah Amerika Serikat menyetujui penjualan senjata besar-besaran senilai USD2,5 miliar ke Mesir.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan, Mesir belum memenuhi persyaratan untuk menerima pembiayaan militer senilai USD130 juta yang telah ditahan sejak September. Dikatakan uang itu akan dialihkan ke program lain namun tidak dijelaskan secara rinci.

Saat mengumumkan pembatalan, Kemenlu Amerika Serikat tidak menyebutkan penjualan pesawat angkut militer dan sistem radar senilai USD2,5 miliar yang telah disetujui hari Selasa.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken bulan September tahun lalu menyetujui pelepasan USD300 juta pembiayaan militer asing ke Mesir tetapi menahan USD130 juta lainnya, kecuali Pemerintah Mesir menangani kondisi khusus terkait hak asasi manusia pada akhir Januari.

"Batas waktu untuk memenuhi persyaratan itu sebentar lagi habis," kata Kemenlu Amerika Serikat, seperti dilansir Associated Press, Sabtu (29/1/2022).

“(Pemerintah Mesir) membuat kemajuan penting pada kondisi tersebut, tetapi hingga saat ini belum memenuhi semuanya. Oleh karena itu, setelah 30 Januari, sekretaris bermaksud untuk memprogram ulang USD130 juta untuk prioritas keamanan nasional lainnya.”

Ditanya tentang ketidakkonsistenan yang terlihat, para pejabat Amerika Serikat mengatakan bantuan militer dan penjualan senjata tidak ada hubungannya.

Mereka mengatakan Mesir akan menanggung biaya pembelian senilai sekitar USD355 juta untuk 12 pesawat angkut Super Hercules C-130 dan sistem radar pertahanan udara yang nilainya USD2,2 miliar, sehingga total transaksi senilai USD2,5 miliar.

Baca Juga: Bunuh Korban dengan Sadis di Jalanan Ramai, Pria Mesir Divonis Hukuman Mati

Mesir memamerkan tiga jet tempur Rafale buatan Prancis. Pemerintah Amerika Serikat hari Jumat, (28/1/2022) mengatakan mereka membatalkan bantuan pembiayaan militer senilai USD130 juta ke Mesir karena masalah hak asasi manusia, seperi dilansir Associated Press, Sabtu (29/1/2022). (Sumber: Khaled Desouki/AFP via France24)

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19