Kompas TV internasional kompas dunia

Berapa Kali Kita Bisa Gunakan Masker N95 untuk Cegah Infeksi Covid-19? Ini Penjelasannya

Jumat, 28 Januari 2022 | 16:14 WIB
berapa-kali-kita-bisa-gunakan-masker-n95-untuk-cegah-infeksi-covid-19-ini-penjelasannya
Ilustrasi masker KN95. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat CDC mengatakan, petugas kesehatan dapat mengenakan masker N95 hingga lima kali. Tetapi, para ahli mengatakan, seberapa sering rata-rata orang dapat memakainya dengan aman akan bervariasi, tergantung pada bagaimana masker N95 digunakan. (Sumber: Shuttestock/Boumen Japet via Kompas.com)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV — Berapa kali saya bisa menggunakan kembali masker N95 saya? Itu tergantung, tetapi Anda boleh menggunakan N95 dan KN95 beberapa kali, seperti dilaporkan Associated Press, Jumat, (28/1/2022).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat CDC mengatakan, petugas kesehatan dapat mengenakan masker N95 hingga lima kali.

Tetapi para ahli mengatakan, seberapa sering rata-rata orang dapat memakainya dengan aman akan bervariasi, tergantung pada bagaimana masker N95 digunakan.

Menggunakan masker yang sama untuk berbelanja ke toko kelontong, misalnya, sangat berbeda dengan memakainya sepanjang hari di tempat kerja.

Jumlah waktu pemakaian masker lebih penting daripada seberapa sering dipakai, kata Richard Flagan, yang mempelajari masker dan aerosol di California Institute of Technology, Caltech.

Secara umum, ia merekomendasikan untuk membatasi penggunaan masker N95 hingga sekitar dua atau tiga hari.

Baca Juga: Hadang Omicron, Mulai Pekan Depan Pemerintah Amerika Serikat Bagikan Masker N95 Kepada Seluruh Warga

Linsey Jones, seorang asisten medis mengenakan masker N95, 4 Januari 2022, di Seattle. Pemerintahan Biden akan mulai menyediakan 400 juta masker N95 secara gratis untuk orang Amerika mulai minggu depan, setelah pejabat federal menekankan perlindungan mereka yang lebih baik terhadap varian omicron dari COVID-19 daripada penutup wajah kain. (Sumber: AP Photo/Ted S. Warren, File)

Dengan setiap napas yang Anda ambil dalam N95, partikel menumpuk di topeng, kata Flagan. Itu bisa membuat lebih sulit bernapas jika masker telah menangkap banyak partikel.

“Mereka (partikel-partikel) menurunkan kinerja masker (N95),” kata Flagan.

Pita elastis pada masker juga bisa menjadi aus dan tidak pas di wajah Anda. Mungkin juga kotor atau basah, terutama jika Anda menggunakannya saat berolahraga.

Halaman Selanjutnya


Sumber : Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x