Kompas TV internasional kompas dunia

Enam Tersangka Perampokan Spektakuler Perhiasan Bersejarah di Museum di Jerman Mulai Diadili

Jumat, 28 Januari 2022 | 14:36 WIB
enam-tersangka-perampokan-spektakuler-perhiasan-bersejarah-di-museum-di-jerman-mulai-diadili
Beberapa perhiasan intan permata zaman Jerman masih kerajaan yang dicuri para tersangka. Saat ini, 28 Januari 2022, para tersangka menjalani persidangan di pengadilan Jerman. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BERLIN, KOMPAS.TV - Enam anggota geng kriminal terkenal mulai menjalani pengadilan di Jerman hari Jumat (28/1/2022), seperti dilansir Straits Times, atas perampokan spektakuler di mana perhiasan bersejarah dari abad ke-18 dicuri dari museum negara di Dresden.

Para tersangka, 22 - 28 tahun, dituduh merampok dan membakar pada perampokan spektakuler di museum Green Vault di Istana Kerajaan Dresden pada 25 November 2019.

Sampai hari ini, masih belum ada jejak atas berbagai permata itu, termasuk pedang dengan gagang bertatahkan berlian dan penutup bahu yang berisi berlian putih Dresden 49 karat yang terkenal.

Saat mendakwa orang-orang itu tahun lalu, jaksa menggambarkan potongan-potongan museum sebagai "sangat penting dalam hal sejarah seni dan budaya".

Para perampok hanya membutuhkan waktu delapan menit, memutus aliran listrik dan menerobos masuk melalui jendela yang sebelumnya telah mereka rusak.

Dua pria bersenjata kapak kemudian menyerbu ke ruang pamer dan mencuri perhiasan sebelum melarikan diri dengan mobil, yang mereka bakar di tempat parkir bawah tanah.

Para pencuri mengambil 21 buah perhiasan dan barang berharga lainnya dari koleksi penguasa Saxon August the Strong, bertatahkan lebih dari 4.300 berlian.

Baca Juga: Setelah Diprotes, Museum di Israel Batalkan Penjualan Benda-Benda Seni Islam

Beberapa perhiasan intan permata zaman Jerman masih kerajaan yang dicuri para tersangka. Saat ini, 28 Januari 2022, para tersangka menjalani persidangan di pengadilan Jerman. (Sumber: Straits Times)

Operasi Epaulette
Pakar asuransi mengatakan jarahan itu bernilai setidaknya €113,8 juta, dengan media Jerman menjulukinya sebagai pencurian seni terbesar dalam sejarah modern.

Namun, direktur koleksi seni negara bagian Dresden, Marion Ackermann, menolak memberi nilai pada barang-barang curian itu, dan menyebutnya "tak ternilai".

Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:49
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19