Kompas TV internasional kompas dunia

AS Ancam Putus Pipa Gas Nord Stream 2 jika Rusia Serang Ukraina

Jumat, 28 Januari 2022 | 14:04 WIB
as-ancam-putus-pipa-gas-nord-stream-2-jika-rusia-serang-ukraina
Tiga tentara Ukraina berjalan Katerinivka, Donetsk, dekat perbatasan dengan wilayah separatis pro-Rusia, 7 Desember 2021. Di tengah eskalasi Rusia-Ukraina, Jerman enggan mengikuti langkah negara NATO lain yang mengirim persenjataan. Proyek pipa gas Nord Stream 2 yang akan menjadi jalur ekspor gas Rusia ke Eropa terancam batal jika negeri beruang merah itu menginvasi Ukraina tetangganya. (Sumber: Andriy Dubchak/Associated Press)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan untuk menghentikan pembukaan pengoperasian pipa gas utama Nord Stream 2 dari Rusia ke Eropa Barat, jika Rusia menginvasi Ukraina.

Pipa gas Nord Stream 2 itu akan melintas dari Rusia ke Jerman. Pada Kamis (27/1/2022), para pejabat Berlin menyatakan, proyek itu terancam sanksi jika Rusia menyerang Ukraina.

Para sekutu Barat mengancam akan menyasar ekonomi Rusia jika negeri beruang merah itu menginvasi tetangganya.

Rusia pun membantah merencanakan serangan ke Ukraina.

Namun, pengerahan puluhan ribu pasukan Rusia di perbatasan Ukraina selama beberapa pekan belakangan telah meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

Pun, mempertebal ketakutan akan adanya invasi.

Baca Juga: Perusahaan Besar AS Tekan Joe Biden dan Kongres untuk Berhati-hati Jatuhkan Sanksi Rusia

“Saya ingin (menyatakan) dengan sangat jelas: jika Rusia menginvasi Ukraina dengan satu cara atau cara lainnya, (proyek) Nord Stream 2 tidak akan berjalan maju,” ujar juru bicara departemen luar negeri AS Ned Price pada NPR, seperti dikutip dari BBC, Jumat (28/1/2022).

Namun, Price menolak memaparkan secara detail bagaimana proyek itu akan dihentikan, atau apakah AS memiliki kekuatan untuk membatalkan proyek itu.

“Kami akan bekerja dengan Jerman untuk memastikan (proyek) itu tidak bergerak maju,” ujar Price.

Sumber : BBC


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:24
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19