Kompas TV entertainment selebriti

Selain Aliando Syarief, 8 Artis Ini Akui Idap OCD

Jumat, 28 Januari 2022 | 12:29 WIB
selain-aliando-syarief-8-artis-ini-akui-idap-ocd
Artis Indonesia pengidap gangguan OCD. (Sumber: Instagram)

Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengakuan Aliando yang mengidap gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD), mengejutkan para penggemarnya.

Bagaimana tidak, Aliando sudah lama vakum dari layar kaca televisi dan layar lebar, bahkan terkesan menghilang.

OCD atau gangguan obsesif kompulsif adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa dirinya mesti melakukan tindakan berulang-ulang. Apabila hal itu tak dilakukan, pengidap OCD akan merasa cemas, khawatir, dan ketakutan.

Ternyata, bukan hanya Aliando Syarief saja yang diketahui mengidap gangguan mental OCD.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa artis yang diketahui mengaku mengidap OCD:

1. Ari Lasso

Saat berbincang dengan Daniel Mananta, Ari Lasso mengaku sangat terobsesi pada kerapihan. Menurut juri ajang Indonesian Idol itu, biasanya ia tidak pernah bisa tidur sebelum rumahnya terlihat rapi.

2. Prilly Latuconsina

Artis sinetron Prilly Latuconsina mengaku harus membereskan tempat penyimpanan barang pribadinya sendiri.
Hal itu ia lakukan lantaran tak betah apabila barang yang dirapikan orang ditaruh tak sesuai tempatnya.

3. Zaskia Adya Mecca

Berawal dari mengunggah foto si kecil, Zaskia Adya Mecca mengaku stres melihat anaknya bermain di atas pasir, yang tak sesuai dengan standar kebersihannya. Zaskia kemudian menjelaskan di kolom komentar bahwa dirinya mengidap OCD.

4. Rina Nose

Melalui unggahan Instagram, komedian Rina Nose juga mengaku mengidap OCD. Gangguan mental itu membuat Rina memastikan segala sesuatu secara berulang-ulang. Jika tidak dilakukan, maka Rina akan merasa cemas. Rina merasa bahwa bersih dan rapi adalah sebuah keharusan.

Baca Juga: Aliando Syarief Idap OCD Ekstrem sampai Sulit Bergerak

5. Sandra Dewi

Beberapa tahun yang lalu, Sandra Dewi yang dikenal selalu menjaga kerapian rupanya mengungkapkan bahwa dirinya sedikit mengidap OCD.

6. Afgan Syahreza

Penyanyi Afgan Syahreza juga mengaku jika dirinya mengidap OCD dalam platform VLive milikinya. Ia selalu memastikan barang tetap bersih dan ada pada tempatnya.

7. Olla Ramlan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19