Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong-Un Selalu Bawa Toilet Pribadi Kemana pun Ia Pergi, Ternyata Bagian dari Rahasia Negara

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 13:58 WIB
kim-jong-un-selalu-bawa-toilet-pribadi-kemana-pun-ia-pergi-ternyata-bagian-dari-rahasia-negara
Badan intelijen Korea Selatan meyakini pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memang makin langsing dan singset setelah berat badan turun sekitar 20 kilogram. Hal itu menepis spekulasi bahwa Jong-un menggunakan stuntman. (Sumber: Straits Times via KCNA)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dilaporkan selalu membawa toilet pribadi kemana pun ia bepergian.

Ia bahkan dikabarkan membangun fasilitas tersebut di mobilnya, dan hanya akan bepergian menggunakan mobilnya itu.

Kendaraan Kim Jong-un, termasuk Mercedes Benz yang anti-peluru, dikabarkan telah dimodifikasi dengan sebuah toilet.

Dikutip dari Mirror, toilet pribadinya dijaga oleh pengawal, dan siapa pun yang tertangkap menggunakannya akan dihukum mati.

Baca Juga: Rusia dan Ukraina Diyakini Bakal Berdamai, Apa Sebabnya?

Kim Jong-un, menurut laporan itu, menolak menggunakan toilet biasa karena takut kotorannya jatuh ke tangan orang yang salah, mengingat hal itu termasuk dalam rahasia negara.

Seorang sumber mengatakan kotoran dari Kim Jong-un berisi informasi mengenai status kesehatannya, sehingga tak bisa dibiarkan begitu saja.

Apalagi, selama beberapa bulan terakhir kesehatannya semakin menjadi perhatian, khususnya setelah ia terlihat lebih kurus dibandingkan sebelumnya.

“Toet itu tak hanya ada di kereta pribadi Kim Jong-un, tetapi juga di mobil baik yang kecil atau yang beukuran sedang, yang digunakannya untuk bepergian,” tutur sumber tersebut.

Baca Juga: Korea Utara Tembakkan Rudal Lagi! Peluncuran ke-6 di Tahun 2022

“Bahkan toilet itu juga ada di kendaraan yang khusus untuk daerah pegunungan, berbatu dan salju. Ada beberapa kendaraan dalam konvoi sehingga orang tidak bisa membedakan yang mana ia berada, dan ada mobil terpisah yang berfungsi sebagai toiletnya,” tambahnya.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa Kim Jong-un telah mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat, sehingga ia terlihat lebih kurus.

Menurut sumber itu, hal tersebut terjadi setelah Kim Jong-un muntah-muntah usai minum 10 botol wine setiap hari.

Sebelumnya, para ahli sempat mengungkapkan kondisi tubuh Kim Jong-un yang tambun membuat serangan jantung amat mungkin menimpanya.



Sumber : Mirror


BERITA LAINNYA



Close Ads x