Kompas TV video sinau

Ternyata Begini Mekanisme Toilet Bus

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 17:00 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Fasilitas yang umumnya ada di bus malam dengan jarak tempuh yang jauh, selain kursi yang nyaman, AC, selimut, adalah keberadaan toilet. Dalam toilet ini seperti toilet pada umumnya, ada wastafel, cermin, bak , dan semprotan air. Perlu diketahui toilet hanya boleh digunakan saat bus sedang berjalan.

Posisi toilet berada di tengah atau di belakang, tergantung dari pihak PO bus saat memesan ke karoseri.    Toilet yang ada di dalam bus ini hanya boleh untuk buang air kecil saja.

Jika memang terasa ingin buang air besar bisa meminta sopir atau kru bus yang bertugas, untuk menepi ke tempat istirahat terdekat.

Lantas, bagaimana cara kerja toilet di dalam bus?

Melansir KOMPAS.com bus yang memiliki toilet tidak menggunakan air AC dan dibuang ke jalan raya, Sumber air toilet di bus berasal dari tandon, untuk penampungannya menggunakan septic tank seperti di pesawat.

Kapasitas dari tandon  sekitar 200 liter, dan ini untuk semua penumpang, tandon  terpisah dengan air buangan dari AC, penempatannya juga jadi satu dengan toilet.

Kenapa hanya boleh untuk buang air kecil?

Jumlah air di toilet bus terbatas, selain itu juga mengganggu kenyamanan penumpang lain, serta berisiko untuk kesehatan. 

Baca Juga: Penumpang Gelap Ditemukan di Roda Pesawat, Selamat Setelah 11 Jam Penerbangan

https://www.kompas.tv/article/254501/penumpang-gelap-ditemukan-di-roda-pesawat-selamat-setelah-11-jam-penerbangan 

Video Editor & Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x