Kompas TV regional berita daerah

Menyaksikan Wayang Potehi di Klenteng Tertua di Kota Surabaya

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 11:02 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

SURABAYA, KOMPAS.TV - Menyambut perayaan Imlek tahun ini, Klenteng Hok Tiek Hian di Surabaya menggelar pertunjukkan wayang potehi untuk para pengunjung. Di klenteng tertua di Kota Surabaya ini, cerita wayang potehi sengaja dibawakan setiap hari sebagai penghormatan untuk para dewa di klenteng.

Klenteng Hong Tiek Hian sendiri terletak di Jalan Dukuh, Surabaya Utara. Lokasi klenteng ini tidak jauh dari kawasan legendaris di Surabaya yakni Jembatan Merah. Letaknya yang berada di Jalan Dukuh membuat masyarakat sekitar mengenal klenteng ini dengan sebutan Klenteng Dukuh.

Pertunjukkan wayang potehi dibawakan oleh tiga orang dalang secara bergantian. Sebagian kisah yang ditampilkan selalu menyisipkan nasihat dan petuah tentang kehidupan. 

Baca Juga: Sambut Imlek, Warga Tionghoa di Makassar Jalani Tradisi Cuci Patung Dewa Dewi

Masyarakat yang datang ke klenteng ini dapat menyaksikkan langsung pertunjukkan wayang yang diselenggarakan sekali dalam sehari selama masa pandemi. Pertunjukkan wayang digelar pada pukul satu hingga pukul dua siang.

Sedikit soal sejarah wayang potehi, wayang ini dibawa imigran asal Tiongkok ke nusantara sekitar abad ke-16 dan menyebar ke beberapa kota di Pulau Jawa.

Wayang potehi bukan hanya sarana hiburan tapi juga memiliki fungsi ritual. Pertunjukan wayang potehi menjadi sarana untuk menyampaikan terima kasih, pujian, dan doa kepada para dewa dan leluhur. Tak heran jika kesenian ini berkembang di sekitar kelenteng, terutama di beberapa kota di pantai utara Jawa.

Video editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x