Kompas TV olahraga kompas sport

Liga 1 Tak Libur Saat Timnas Indonesia Main, Aji Santoso Minta Kebijaksanaan dari PSSI & LIB

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 11:25 WIB
liga-1-tak-libur-saat-timnas-indonesia-main-aji-santoso-minta-kebijaksanaan-dari-pssi-lib
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (Sumber: Persebaya.id)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Pelatih Persebaya, Aji Santoso kembali mempertanyakan langkah PSSI & LIB yang tetap menggulirkan Liga 1 saat Timnas Indonesia melakoni FIFA Matchday.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menjalani dua pertandingan jeda internasional kontra Timor Leste pada 27 dan 30 Januari 2022 di Bali.

Kendati hanya bertajuk laga persahabatan, kemenangan akan membuat Indonesia menambah poin di ranking FIFA.

Namun, polemik muncul ketika Liga 1 2021-22 juga digelar di sela-sela agenda Timnas Indonesia ini.  

Jika menilik sepak bola luar negeri, saat jeda internasional tiba, kompetisi liga domestik bakal diliburkan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Lakoni FIFA Matchday, Liga 1 Dipastikan Libur

Hal itu tidak terjadi di Indonesia, meski sempat ada wacana meliburkan kompetisi. 

Padahal, belum lama ini PSSI melalui Sekertaris Jenderal Yunus Nusi menyebut Liga 1 akan libur saat Timnas Indonesia main.

"Liga 1 berhenti ketika Timnas Indonesia beruji coba melawan Bangladesh," kata Yunus Nusi, dikutip Bolasport.com. Uji coba Indonesia vs Bangladesh yang diagendakan pada 24 dan 27 Januari sendiri batal digelar.

Melansir situs resmi Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, akan ada jadwal pertandingan Liga 1 2021-22 pada tanggal 26, 28, serta 29 Januari 2022.

Kebijakan ini mendapat tentangan dari pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

Aji mempertanyakan kembali sikap PSSI dan LIB ini. Dirinya merasa sangat dirugikan, lantaran 5 pemain Persebaya dipanggil Timnas Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong: Usai Kembali ke Klub, Mental Pemain Timnas Indonesia Menurun

"Saya tidak butuh macem-macem, cuma jadwalnya paling tidak diundur dua hari, kan sangat simple. Bisa Aja," ungkap Aji seusai latihan, Jumat (21/1/2022), dikutip Surya.

"Istirahat dua hari menurut saya kalau fisik pemain bagus, itu cukup."

"Sudah saya sampaikan, antara PSSI, Timnas, dan klub sama-sama punya kepentingan untuk menggunakan jasa pemain, apalagi pemain kami 5 yang dipanggil."

Kelima pemain, jika tampil memperkuat timnas, dianggap tak cukup waktu istirahatnya. Karena Persebaya dijadwalkan melakoni pertandingan melawan PSS Sleman pada 29 Januari. 

"Tentunya saya sangat berharap kebijaksanaan dari federasi atau LIB untuk mengatur atau menyesuaikan jadwal Persebaya," imbuh eks penggawa Timnas Indonesia.

Kendati demikian, Aji tetap merasa bangga di era kepelatihannya ada lima pemain Persebaya yang membela timnas. Ia juga mengaku akan terus mendukung Timnas Indonesia.

"Intinya kami tetap support, banggalah di era saya menjadi pelatih ada 5 pemain nasional, bagi saya kebanggaan, cuman untuk jadwalnya kami sesuaikan," pungkas diaz.

Bukan kali ini saja Aji Santoso keberatan dengan pengaturan jadwal pertandingan Liga dan timnas. Pada Oktober 2021 lalu, Pelatih Persebaya itu mengutarakan keberatannya pada jadwal.   



Sumber : Bolasport.com, Surya


BERITA LAINNYA



Close Ads x