Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tol Cisumdawu Beroperasi Mulai Hari Ini, Gratis Selama 2 Minggu

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 09:47 WIB
tol-cisumdawu-beroperasi-mulai-hari-ini-gratis-selama-2-minggu
Tol Cisumdawu Seksi 1 mulai beroperasi pada Selasa (25/1/2022). Selama 2 minggu, tol ini masih digratiskan untuk masyarakat. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan mulai beroperasi hari ini, Selasa (25/1/2022). Jalan tol ini akan memberikan solusi kemacetan yang biasa terjadi di kawasan Jatinangor-Tanjungsari-Pamulihan.

Selama 2 minggu ke depan, Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 akan digratiskan untuk masyarakat, sekaligus sebagai sosialisasi. Setelahnya, pengendara yang melintasi tol tersebut akan dikenakan tarif.

Berikut adalah tarif Tol Cisumdawu Seksi 1 yang ditetapkan berdasarkan SK Menteri PUPR:

  • golongan I sebesar Rp 1.000 per kilometer
  • golongan II sebesar Rp 1.500 per kilometer
  • golongan III sebesar Rp 1.500 per kilometer
  • golongan IV sebesar Rp 2.000 per kilometer
  • golongan V sebesar Rp 2.000 per kilometer.

Baca Juga: Persiapan Mudik, 4 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera akan Beroperasi Tahun Ini

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, untuk seksi I sepanjang 11,45 kilometer kemungkinan tarif yang bakal berlaku sekitar Rp11 ribuan.

"Penarifan sudah diterapkan SK oleh Pak Menteri dan diterapkan seperti biasa kami akan meminta badan usaha untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tarifnya Rp1.000 per km," kata Danang dalam konferensi pers virtual, Senin (24/1/2022).

Menurut Danang, berdasarkan hasil uji coba Tol Seksi Cileunyi - Pamulihan dapat memangkas waktu tempuh Bandung - Cirebon, dari sebelumnya via Jalan Raya membutuhkan sekitar 60 menit, menjadi sekitar 15 menit.

"Dengan demikian, arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efisien sehingga industri dan pariwisata di wilayah sekitar dapat terus tumbuh," ucapnya.

Baca Juga: Jalan Tol Selesai 2023, Waktu Tempuh Solo-Yogya Cuma 20 Menit

Tol Cisumdawu Seksi 1 diresmikan pada Senin kemarin oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia berharap, selama 2 minggu awal operasional jalan tol ini secara gratis bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga akan meminta masukan dari masyarakat yang nantinya masukan tersebut akan disampaikan kepada pengelola Jalan Tol Cisumdawu.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x