Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jalan Tol Selesai 2023, Waktu Tempuh Solo-Yogya Cuma 20 Menit

Kompas.tv - 12 Januari 2022, 15:20 WIB
jalan-tol-selesai-2023-waktu-tempuh-solo-yogya-cuma-20-menit
Pengerjaan Seksi 1 Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo, yaitu ruas Kartosuro - Purwomartani yang selesai pada 2023 akan membuat waktu tempuh Solo-Yogya hanya 20 menit (12/1/2022). (Sumber: BPJT Kementerian PUPR )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan, Solo-Yogyakarta akan bisa tempuh hanya dalam waktu 20.menit. Saat ini, jika menggunakan jalan akses utama, waktu tempuh kedua kota tersebut sekitar 1,5 jam perjalanan.

Hal itu terjadi, jika Seksi 1 Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo selesai dibangun dan ditargetkan siap beroperasi pada Juni 2023.

Seksi 1 tol tersebut adalah ruas Kartosuro - Purwomartani sepanjang 42,38 Km. Saat ini pembangunannya baru 17,88 persen. Sedangkan panjang tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo mencapai 96,57 Km.

Mengutip laman resmi BPJT, Rabu (12/1/2022), Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo akan melintasi dua provinsi. Yaitu Jawa Tengah sepanjang 35,64 kilometer dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 60,93 kilometer.

Baca Juga: Aset Tommy Soeharto Senilai Rp2,4 Trilun Enggak Laku Dilelang

Pembangunan jalan tol tersebut membutuhkan biaya sebesar Rp26,63 triliun. Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogjasolo Marga Makmur.

"Dengan dibangunnya Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulon Progo diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat pada segitiga emas sektor pariwisata adalah Joglosemar (Yogyakarta, Solo Semarang)," tulis BPJT.

Selain itu, jalan tol ini merupakan bagian dari program pembangunan jalan tol yang dicanangkan oleh pemerintah, untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Super Prioritas Borobudur.

Baca Juga: Akhir Bulan Ini, Pabrik DME Pengganti Elpiji Mulai Dibangun

Jalan tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo juga akan memberikan akses pendukung kelancaran lalu lintas menuju tiga bandara. Yaitu New Yogyakarta International Airport di Kulonprogo, Bandar Udara Ahmad Yani di Semarang dan Adi Soemarmo di Solo.

Jalan Tol Yogyakakarta – NYIA Kulonprogo  terdiri dari Seksi 1 (Kartasura – Purwomartani) 42,37 Km dengan target operasi pada Kuartal III tahun 2023, Seksi 2 (Purwomartani – Gamping) 15,46 Km dan Seksi 3 (Gamping – Purworejo) 38,74 Km dengan target beroperasi pada Kuartal III tahun 2024. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x