Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Resmi Kembali Punya Hak Suara di Majelis Umum PBB Usai Tunggakan Dibayarkan Korea Selatan

Senin, 24 Januari 2022 | 00:03 WIB
iran-resmi-kembali-punya-hak-suara-di-majelis-umum-pbb-usai-tunggakan-dibayarkan-korea-selatan
Presiden Iran Ebrahim Raisi. Pemerintah Iran akan mendapatkan kembali hak suaranya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB setelah Korea Selatan membayar tunggakan iuran Teheran seperti dilansir Straits Times, Minggu, (23/1/2022). (Sumber: Laman web resmi presiden Iran)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SEOUL, KOMPAS.TV - Pemerintah Iran akan mendapatkan kembali hak suaranya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB setelah Korea Selatan membayar tunggakan iuran Teheran seperti dilansir Straits Times, Minggu, (23/1/2022).

Iran sebelumnya pada bulan Juni tahun lalu sudah mendapatkan kembali hak suara di Majelis Umum PBB setelah pembayaran serupa, tetapi mengatakan bulan ini kembali kehilangan hak suara karena tidak dapat mentransfer dana untuk membayar iuran sebagai akibat dari sanksi Amerika Serikat.

Dubes Iran untuk PBB, Majid Takht-Ravanchi menyatakan, setelah tunggakan Iran diterima oleh markas besar PBB, hak suara negara itu secara alami harus dipulihkan, seperti dilansir Kantor Berita resmi IRNA, Minggu, (23/1/2022).

Korea Selatan sebelumnya pada hari Minggu memastikan mereka telah membayar tunggakan iuran Teheran kepada PBB sebesar USD18 juta, dengan dana yang berasal dari dana Iran yang dibekukan di negara itu.

Pembayaran itu dilakukan pada hari Jumat bekerja sama dengan Amerika Serikat dan PBB setelah Iran membuat "permintaan darurat" yang meminta Korea Selatan untuk membayar iuran, kata Kementerian Keuangan Seoul dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Iran, Venezuela dan Sudan Kehilangan Hak Suara di Majelis Umum PBB karena Tunggak Iuran

Presiden Iran Ebrahim Raisi di hadapan Majelis Umum PBB, Selasa (21/9/2021). Pemerintah Iran akan mendapatkan kembali hak suaranya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB setelah Korea Selatan membayar tunggakan iuran Teheran seperti dilansir Straits Times, Minggu (23/1/2022).(Sumber: Eduardo Munoz/Pool Photo via AP)

PBB menangguhkan hak suara Iran di Majelis Umum PBB awal bulan ini dengan alasan menunggak iuran. Di bawah Piagam PBB, hak suara negara anggota untuk memilih ditangguhkan ketika tunggakannya sama atau melebihi iuran yang seharusnya dibayar selama dua tahun sebelumnya. Iran juga kehilangan suaranya karena iuran yang belum dibayar tahun lalu.

Takht-Ravanchi mengatakan Iran menghadapi masalah dengan pembayaran iuran PBB untuk tahun kedua berturut-turut karena sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat, yang tidak hanya merusak kemampuan Iran untuk membeli barang-barang kemanusiaan dan peralatan medis, tetapi juga menghambat pekerjaan PBB.

Dia mencatat, sebagai anggota aktif PBB, Iran selalu berkomitmen membayar iuran keanggotaannya tepat waktu dan telah membuktikannya dalam praktik.

Aset Iran saat ini bernilai lebih dari USD7 miliar dibekukan di dua bank Korea Selatan.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Straits Times/IRNA/CGTN


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19