Kompas TV nasional kesehatan

Pasien Covid-19 Varian Omicron Bisa Dirawat di RS atau Isoman di Rumah, Ini Kriterianya

Sabtu, 22 Januari 2022 | 11:55 WIB
pasien-covid-19-varian-omicron-bisa-dirawat-di-rs-atau-isoman-di-rumah-ini-kriterianya
Ilustrasi. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, melalui Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/Menkes/18/2022, telah menetapkan ketentuan terbaru tentang kriteria pasien Covid-19 yang wajib dirawat di RS dan yang bisa isolasi mandiri di rumah. (Sumber: Kompas TV/Ant/Ari Bowo Sucipto)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai sekarang, pasien Covid-19 varian Omicron boleh menjalani perawatan di rumah sakit (RS) atau melakukan isolasi mandiri (isoman) di tempat tinggalnya sendiri.

Kebijakan tersebut mengacu pada Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/Menkes/18/2022 yang telah diteken oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Senin (17/1/2022) lalu.

Dalam SE tersebut, dijabarkan tentang kriteria perawatan pasien Covid-19 varian Omicron baik pasien yang wajib dirawat di RS maupun yang boleh melakukan isoman di rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Kemenkes Izinkan Pasien Positif Omicron Isoman di Rumah, Simak Syarat Ketentuannya

Kriteria perawatan pasien Covid-19

Mengacu peraturan terbaru tadi, ada beberapa kriteria yang membedakan ketentuan perawatan bagi pasien Covid-19.

  1. Perawatan di RS penyelenggara pelayanan Covid-19 dilakukan jika pasien yang terinfeksi virus Corona mengalami gejala berat hingga kritis.
  2. Perawatan dilakukan di RS lapangan, darurat, atau penyelenggara pelayanan Covid-19 jika pasien terinfeksi virus Corona dengan gejala sedang maupun ringan dan komorbid yang tidak terkontrol.
  3. Isolasi mandiri di rumah bisa dilakukan jika pasien terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala atau asimptomatik serta yang mengalami gejala ringan.

Baca Juga: Kian Memprihatinkan, Berikut Perkembangan Kasus Covid-19 di Jakarta Sepekan Terakhir

Syarat lebih lanjut untuk pasien isoman

Bagi pasien yang hendak melakukan isoman, mereka juga harus memenuhi syarat klinis dan syarat rumah

1. Syarat klinis

  • Usia kurang dari 45 tahun
  • Tidak memiliki komorbid
  • Dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya
  • Berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar

2. Syarat rumah

  • Terdapat kamar terpisah untuk pasien isolasi mandiri, lebih baik lagi jika tak berada dalam satu lantai yang sama dengan penghuni lainnya
  • Memliki kamar mandi terpisah dengan penghuni rumah yang lain
  • Ada akses pulse oksimeter
  • Tersedia peralatan pendukung lainnya

Baca Juga: Covid-19 Naik, Luhut: Teater Perang Sedang Terjadi di Jabodetabek, Segera Percepat Vaksin Booster

Apabila syarat klinis dan syarat rumah tersebut tidak terpenuhi, pasien terkait harus dirawat di fasilitas isolasi terpusat dalam pengawasan Puskesmas atau Satgas Covid-19 setempat.

Kemudian, setelah mengalami perbaikan kondisi secara klinis, pasien yang dirawat di RS bakal melakukan pemeriksaan RT-PCR sebanyak dua kali dengan rentang waktu 24 jam.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:42
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19