Kompas TV nasional peristiwa

Teringat Gus Dur, Luhut Harap Banyak Cendekiawan Muslim Lahir di Indonesia

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:06 WIB
teringat-gus-dur-luhut-harap-banyak-cendekiawan-muslim-lahir-di-indonesia

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

 

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan teringat sosok Gus Dur, dan berharap banyak cendekiawan muslim lahir di Indonesia. (Sumber: KBRI Washington)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan tiba-tiba teringat Presiden Keempat Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur saat melakukan kunjungan di kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Jawa Barat.  

Kata Luhut, Gus Dur mengingatkan dirinya akan tugas manusia yakni menjadi pemimpin terbaik di bumi.  Luhut sendiri sering mengaku dekat dengan Gus Dur, apalagi ia pernah menjadi Menteri Perindustrian di kabinet Gus Dur pada periode 1999-2001 lalu.

“Sesaat sebelum meninggalkan lokasi (kampus UIII), saya diminta untuk menanam pohon dan saat itu saya teringat pesan Gus Dur yang menyampaikan bahwa manusia adalah makhluk terbaik, dan tugas makhluk terbaik adalah membawa visi terbaik-nya yaitu sebagai pemimpin di bumi,” papar Luhut dalam unggahan di akun instagramnya, @luhut.pandjaitan, pada Kamis (20/1/2022).

Luhut lantas menandaskan, ia bangga terhadap muslim di Indonesia yang mendunia. Beberapa intelektual Indonesia masuk dalam jajaran 500 muslim berpengaruh dunia antara lain Prof. KH Said Aqil Siradj, Prof. Syafii Maarif hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Fakta bahwa dunia internasional sudah mengakui prestasi-prestasi para cendekiawan islam Indonesia tentunya sangat membanggakan. Terlebih lagi ketika apresiasi ini disematkan kepada Presiden Joko Widodo yang di tahun ini kembali masuk dalam 50 muslim paling berpengaruh di dunia, beliau ada di peringkat ke-13,” tambahnya.

Baca Juga: Ketum PBNU Gus Yahya Pernah Marah pada Gus Dur, Begini Ceritanya

Bagi Luhut, hal ini adalah prestasi. Ia mengaku melihat hal ini sebagai sebuah potensi untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat peradaban Islam di dunia.

“Salah satu caranya adalah kualitas pendidikan islam di Indonesia harus ditingkatkan kalau bisa punya standar yang sama dengan perguruan tinggi islam yang terbaik di seluruh dunia sehingga para pelajar dari belahan negara manapun dapat menimba ilmu di negeri ini," ujarnya. 

Dengan semangat tersebut, pada Kamis (20/1/2021), Luhut mengunjungi kampus UIII yang berada di Depok, Jawa Barat untuk mengecek kesiapan akhir sebelum diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Agustus mendatang.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19