Kompas TV olahraga kompas sport

Legenda Real Madrid sekaligus Kakek Marcos Llorente, Francisco Paco Gento Wafat

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 20:57 WIB
legenda-real-madrid-sekaligus-kakek-marcos-llorente-francisco-paco-gento-wafat
Legenda Real Madrid, Francisco 'Paco' Gento usai pertandingan lawan Ajax Amsterdam pada 11 Oktober 1967. Paco Gento meninggal pada Selasa (18/1/2022). (Sumber: Ron Kroon/Anefo via Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MADRID, KOMPAS.TV - Klub tersukses Eropa, Real Madrid, dilanda kabar duka pada Selasa (18/1/2022). Legenda klub itu, Francisco “Paco” Gento dikabarkan wafat pada usia 88 tahun.

“Real Madrid CF, presiden klub, dan jajaran direksi sangat sedih dengan kematian Francisco Gento, presiden kehormatan Real Madrid dan salah satu legenda terhebat klub kita dan dunia sepak bola,” tulis pengumuman Real Madrid, Selasa (18/1).

Paco Gento merupakan pemain kunci pada era keemasan Los Blancos pada 1950-an dan 1960-an. Bersama Alfredo Di Stefano dan Ferenc Puskas, winger kelahiran Spanyol ini membuat Real Madrid menjelma tim yang terlalu perkasa, baik di ranah domestik atau kontinental.

Baca Juga: Legenda Timnas Indonesia, Abdul Kadir 'Si Kancil' Masuk Daftar FIFA Century Club

Gento telah memainkan 600 pertandingan bersama Real Madrid, mencetak 182 gol. Ia juga mengantongi 42 caps Timnas Spanyol.

Pesepak bola kelahiran Cantabria, Spanyol ini memperkuat El Real pada 1953-1971. Setelah pensiun, ia sempat melatih sejumlah klub papan bawah Spanyol sebelum menjadi duta dan presiden kehormatan Real Madrid.

Paco Gento juga merupakan kakek dari gelandang Atletico Madrid saat ini, Marcos Llorente. Rinciannya, Paco Gento adalah kakak dari nenek kandung Marcos, Maria Antonia Gento.

Satu-satunya pemain yang raih enam titel Liga Champions

Paco Gento adalah satu-satunya pemain yang berhasil meraih enam gelar European Cup (kini Liga Champions). Ia meraihnya lima kali beruntun pada 1956-1960 dan sekali pada 1966.

Pada masa jayanya, Gento kerap dipasang sebagai winger kiri Real Madrid, menyokong rekannya di pos nomor sembilan, Alfredo Di Stefano.

Baca Juga: Roger Hunt, Legenda Liverpool dan Pahlawan Piala Dunia Inggris Meninggal Dunia

Selain itu, selama membela El Real, Paco Gento juga meraih berbagai trofi bergengsi. Di antaranya adalah 12 gelar La Liga, dua Copa del Rey, satu Piala Interkontinental, satu Piala Emas Dunia, dan dua Copa Latinas.

Santiago Bernabeu menjadi rumah duka

Jenazah Paco Gento akan disemayamkan dulu di Santiago Bernabeu sebelum dimakamkan. Suporter dapat memberikan penghormatan terakhir kepada sang legenda di stadion.

Rumah duka dibuka sejak Selasa (18/1) pukul 19.00 waktu setempat hingga pukul 22.00.

Keesokan harinya, Rabu (19/1), rumah dibuka kembali dibuka pada pukul 10.00 waktu setempat hingga 13.00.

Jenazah Paco Gento kemudian akan dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan di tanah kelahirannya.

“Pemakaman akan dilangsungkan kemudian di tanah kelahirannya, Guarnizo (Cantabria), dengan privasi sepenuhnya sesuai permintaan keluarga,” tulis pernyataan Real Madrid.

Baca Juga: Pemberian Penghargaan Pada Sang Legenda Bulutangkis Tan Joe Hok, Perebut Piala Thomas Tahun 1958


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x