Kompas TV olahraga kompas sport

Roger Hunt, Legenda Liverpool dan Pahlawan Piala Dunia Inggris Meninggal Dunia

Kompas.tv - 28 September 2021, 20:58 WIB
roger-hunt-legenda-liverpool-dan-pahlawan-piala-dunia-inggris-meninggal-dunia
Legenda Liverpool FC Roger Hunt. (Sumber: Liverpool Echo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LIVERPOOL, KOMPAS.TV - Legenda sepakbola Liverpool FC, Roger Hunt, meninggal dunia di usia 83 tahun pada Senin (27/9/2021) malam waktu setempat. Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh pihak klub.

“Liverpool FC berduka cita atas wafatnya mantan pemain legendaris Roger Hunt. Doa dari setiap orang di Liverpool FC bersama keluarga dan teman-teman Roger pada waktu yang sulit dan sedih ini,” tulis pernyataan resmi Liverpool.

Hunt meninggal setelah berjuang menghadapi penyakit yang sudah lama dideritanya.

Baca Juga: Legenda Tottenham Sekaligus Eks Striker Chelsea, Jimmy Greaves Meninggal Dunia

Roger Hunt merupakan top skor sepanjang masa kedua The Reds. Ia mencetak 285 gol dari 492 pertandingan selama membela Liverpool pada 1958-1969.

Hunt bergabung dengan Liverpool dari tim amatir setempat, Stockton Heath, pada Juli 1958. Ia memegang rekor top skor Liverpool hingga Ian Rush memecahkannya pada 1992.

Hingga saat ini, Hunt memegang rekor top skor Liverpool di ajang liga dengan catatan 244 gol.

Hunt berjasa memperkuat Liverpool dalam masa transformasi menjadi tim paling berpengaruh di Inggris. Di bawah asuhan pelatih legendaris Bill Shankly, ia bekerja sama dengan Ian St. John di lini serang dan memenangi gelar Divisi Kedua 1962, Divisi Pertama (kini Premier League) pada 1964 dan 1966, serta Piala FA 1965.

Hunt juga menjadi pahlawan Timnas Inggris ketika meraih satu-satunya Piala Dunia mereka pada 1966. Striker Liverpool ini mencetak tiga gol dari enam pertandingan dan berlaga di partai final kontra Jerman Barat. Total ia mencetak 18 gol dari 34 laga untuk tim nasional.

Pencapaian Hunt membuatnya mendapatkan gelar kehormatan dari suporter Liverpool. Suporter The Reds menasbihkannya sebagai Sir Roger.

Pelatih Liverpool saat ini, Juergen Klopp, pun turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas kepergian Roger Hunt.

“Kabar ini benar-benar menyedihkan dan doa serta cinta kami kirimkan ke pihak keluarga. Peran Roger Hunt tidak ada duanya dalam sejarah Liverpool FC,” kata Klopp dilansir laman resmi klub.

“Saya diberitahu bahwa (tribun) The Kop menasbihkannya sebagai Sir Roger atas semua pencapaiannya. Seorang pencetak gol yang tidak pernah berhenti membantu rekan setimnya; saya yakin dia akan cocok dengan tim kami saat ini.”

“Jadi, sosok Sir Roger itu yang akan kami kenang dan hormati pada hari-hari ke depan. You’ll never walk alone,” pungkas Klopp.

Baca Juga: Cetak Satu Gol Lawan Brentford, Mohamed Salah Masuk Daftar Top Skor Sepanjang Masa Liverpool

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.