Kompas TV video vod

Mahfud MD Ungkap Adanya Dugaan Barang Selundupan pada Proyek Satelit Kemhan

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:30 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap, adanya dugaan barang selundupan dalam proyek satelit militer di Kementrian Pertahanan tahun 2015 lalu yang merugikan negara ratusan miliar rupiah.

Dugaan adanya barang selundupan dalam proyek pengadaan satelit orbit 123 bujur timur di Kemenhan pada 2015 lalu diketahui dari hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP.

Baca Juga: Ryamizard Buka Suara Soal Satelit Kemhan, Mengaku Diperintah Presiden Selamatkan Orbit 123 BT

Mahfud menyebut, akibat proyek ini Indonesia berpotensi merugi hingga Rp 800 miliar dan digugat di pengadilan arbitrase internasional.

Dalam kasus ini Kejaksaan Agung telah memeriksa 11 saksi dan mengumpulkan dokumen serta bukti pendukung.

Kejaksaan juga mengantongi beberapa nama yang akan dipanggil, namun belum akan memanggil Menteri Pertahanan kala itu Rymizard Ryacudu.

Terkait kasus ini, negara dirugikan setelah perusahaan penyedia satelit melalui pengadilan arbitrase di London, Inggris sebesar Rp 515 miliar dan Rp 314 miliar dalam sidang arbitrase di Singapura.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pun mengaku siap membantu pengusutan kasus ini, apalagi ada dugaan keterlibatan sejumlah nama prajurit TNI.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Jaksa Nilai Pengacara Ferdy Sambo Tidak Profesional

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:55 WIB
Close Ads x