Kompas TV regional berita daerah

PTM 100 Persen, Penerapan Prokes di Sekolah Harus Diawasi

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 11:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kewaspadaan terhadap penyebaran Covid 19 sangat beralasan mengingat ancaman varian omicorn yang penularannya lebih cepat dibandingkan varian lainnya. Dan unsur kehati-hatian harus benar-benar diterapkan. Pengamat pendidikan dari yayasan PGRI Jawa Tengah Sudharto, meminta agar sekolah yang menyelenggarakan PTM 100 persen jangan lengah. Awasi siswa dari masuk hingga pulang sekolah agar terjamin keamanannya dari penularan Covid-19.

"Ketika anak sudah diberi kesempata untuk mengikuti pelajaran tatap muka, pengawasan anak tidak berkerumun, jaga jarak, pakai masker itu tidak boleh lengah," kata Sudharto.

Untuk mencegah klaster penularan Covid-19 saat pemberlakuan PTM 100 persen, SMP IT PAPB Kota Semarang mengaku sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan. Jam masuk dan pulang  sekolah dibuat berbeda. Untuk menghindari kerumunan saat pulang sekolah, siswa diperbolehkan keluar kelas jika sudah ada keluarga yang menjemput.

"Di kelas anak-anak sudah menggunakan masker dan juga menggunakan face shield untuk, ya paling tidak kita bisa menjaga keselamatan semuanya. Begitu pula anak pulang, sumber yang kita tata sedemikian rupa, jadi kegiatan protokol kesehatan di SMP IT PAPB Kota Semarang sangat ketat," ujar Ramelan, Kepala SMP IT PAPB Kota Semarang.

Kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 di lingkungan sekolah tidak hanya mewajibkan siswa, guru serta tenaga pendidik memakai masker dan face shield. Namun pihak sekeolah juga membentuk tim Satgas Covid-19 dari internal sekolah, yang selalu mengawasi penerapan protokol kesehatan selama kegiatan belajar mengajar di sekolah berlangsung.

#protokolkesehatan #ptm #kotasemarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x