Kompas TV nasional sosial

YLKI Sebut Masyarakat Setujui Tarif KRL Naik Asal Pelayanan Ditingkatkan

Kompas.tv - 16 Januari 2022, 12:36 WIB
ylki-sebut-masyarakat-setujui-tarif-krl-naik-asal-pelayanan-ditingkatkan
Ilustrasi penumpang KRL. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan bahwa kebanyakan masyarakat setuju dengan rencana pemerintah menaikkan tarif KRL dalam waktu dekat ini. 

Hal ini mengacu pada penelitian yang dilakukan YLKI pada Oktober 2021 terhadap 2.000 responden di Jabodetabek dan Rangkasbitung. 

"Memang ada ruang bagi pemerintah untuk menaikkan tarif KRL menjadi Rp5.000 pada 25 km pertama, sedangkan tarif pada 10 km pertama direkomendasikan tetap atau tidak naik," kata Tulus dalam keterangan tertulis, Minggu (16/1/22). 

Namun, kata Tulus, untuk mengimbangi kenaikan tarif, sebanyak 1.065 responden setuju adanya peningkatan pelayanan menjadi prasyarat utama. 

Baca Juga: KAI Commuter Tegaskan Tarif KRL Belum Naik

"Untuk mengimbangi penaikan tarif, maka peningkatan pelayanan menjadi prasyarat utama, sebagaimana aspirasi 1.065 responden (lebih dari 50%) agar KAI/PT KCI tingkatkan pelayanannya," kata Tulus. 

Menurut Tulus, rencana kenaikan tarif KRL ini dinilai rasional karena sejak 2016 tarif KRL belum mengalami penyesuaian. 

Tetapi, rencana ini menjadi tidak masuk akal jika pemerintah hanya menambah besaran dana Public Service Obligation (PSO) pada PT. KAI. 

Sebagai informasi, PT. KAI mendapatkan suntikan dana subsidi sebesar Rp 3,2 triliun untuk 250 juta orang yang melakukan perjalanan menggunakan KAI tahun ini. 

"Jika pemerintah tidak mampu menambah dana PSO, maka opsi penaikan tarif KRL menjadi tak terhindarkan, walau terasa pahit bagi konsumen," kata Tulus. 

Baca Juga: Tarif KRL Bakal Naik, Begini Penjelasan Jubir Kemenhub

Sebelumnya, tarif KRL diusulkan naik dari Rp 3 ribu menjadi Rp 5 ribu pada 25 kilometer pertama.

Kasubdit Penataan dan Pengembangan Jaringan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Arif Anwar menerangkan, usulan kenaikan tarif KAI Commuter berdasarkan hasil survei.

"Ini dari hasil survei tadi dan masih ada tahap diskusi juga. Kami akan usulkan penyesuaian tarif kurang lebih Rp2.000 pada 25 kilometer pertama. Jadi kalau yang semula sebesar Rp3.000 untuk 25 kilometeri, ini jadi Rp5.000," ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (12/1).

Namun, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, belum ada kenaikan tarif KRL hingga saat ini. Harga tiket yang berlaku sekarang, masih sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No.17/2018.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x