Kompas TV bisnis kebijakan

KAI Commuter Tegaskan Tarif KRL Belum Naik

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 11:05 WIB
kai-commuter-tegaskan-tarif-krl-belum-naik
Ilustrasi. Penumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020). Pihak KAI Commuterline belum ada kenaikan tarif KRL hingga saat ini. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pihak KAI Commuterline menyatakan, belum ada kenaikan tarif KRL hingga saat ini. Harga tiket yang berlaku sekarang, masih sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No.17/2018.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, perihal kabar kenaikan tarif KRL hanya berdasarkan survei yang dilakukan sejumlah lembaga.

Yaitu terkait kemampuan membayar (ability to pay/ATP) dan kesediaan membayar (willingness to pay/WTP) pengguna terhadap tarif KRL Commuter Line Jabodetabek.

Hasilnya, ATP dan WTP pengguna KRL lebih tinggi dibanding tarif yang berlaku saat ini.

"Meskipun demikian, hingga saat ini tarif KRL masih tetap berlaku sesuai dengan apa yang telah berjalan lebih dari lima tahun terakhir, yaitu pengguna membayar Rp3.000 untuk 25 Kilometer pertama dan Rp1.000 untuk setiap 10 kilometer berikutnya," kata Anne dalam keterangan  tertulisnya, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Treasury Resmi Kantongi Izin Emas Digital Pertama dari Bappebti

Menurut Anne, kajian terhadap tarif KRL selama ini memang dilakukan secara berkala. Yakni sebagai program untuk mengetahui respon masyarakat terhadap tarif, terutama di tengah masa pandemi Covid-19 dimana kondisi perekonomian masyarakat banyak berubah.

"Kami bekerja sama dengan DJKA (Dirjen Perkeretaapian Kemenhub) secara berkala melakukan diskusi bersama stakeholder," ucap Anne.

Dalam kajian tersebut, didapat berbagai usulan mekanisme dan besaran tarif sesuai kemampuan membayar dan persepsi masyarakat terhadap layanan KRL. Diskusi terakhir digelar pada Rabu (12/1), melibatkan publik, pengamat, dan akademisi.

Ada juga pertemuan dengan perwakilan pengguna komunitas KRL dari berbagai wilayah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x