Kompas TV video sinau

Mengenal Trem yang Pernah Ada di Jakarta

Kompas.tv - 16 Januari 2022, 11:15 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Trem merupakan salah satu transportasi umum yang banyak dioperasikan di kota-kota besar, dan masih digunakan sampai sekarang. Contohnya di San Fransisco, Istanbul, Rotterdam, Sydney dan lainnya.

Di Indonesia sendiri pernah punya trem, sayangnya sudah tidak digunakan lagi. Melansir KOMPAS.com trem yang ada di Indonesia pernah beroperasi di Jakarta dibawah naungan Stoomiram Mij (maskapai trem uap). Dengan rute Glodog, Harmoni, Pasar Baru, Senen, Kramat.

Trem memiliki bentuk yang mirip dengan kereta api, alat transportasi ini juga menggunakan rel.

Namun, gerbongnya tidak seberat kereta api dalam 1 set trem ada 2 gerbong untuk penumpang.

Melansir Bobo.id trem pernah digunakan di jakarta pada tahun 1869 waktu itu Jakarta masih bernama Batavia

Trem ini awalnya ditarik  menggunakan tenaga kuda sebanyak 4 ekor,  kuda menarik kereta panjang yang memuat 40 orang, dengan rute dari Kota Tua sampai ke Jatinegara.

Perjalanan yang panjang membuat pemerintah kota Batavia kerepotan karena kotoran kuda ada di mana-mana.

Selain itu juga banyak kuda penarik trem yang mati kelelahan kemudian trem menggunakan tenaga uap, dari air yang dibakar dengan batu bara.

Terakhir trem menggunakan tenaga listrik dari kabel kabel yang terbentang di atas rel, melansir Bobo.id pada tahun 1960, trem listrik di Jakarta dihapuskan, digantikan oleh bus PPD, rel yang ada di jalan raya dilapisi dengan aspal sehingga sudah tidak ada lagi trem di kota Jakarta. 

Baca Juga: Apa Fungsi dan Bagaimana Sejarah Penggunaan Tagar di Media Sosial?

https://www.kompas.tv/article/248193/apa-fungsi-dan-bagaimana-sejarah-penggunaan-tagar-di-media-sosial 

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.