Kompas TV internasional kompas dunia

Dua Tahun Absen, Masjid Nabawi Kembali Gelar Buka Puasa Bersama

Kompas.tv - 15 Januari 2022, 16:37 WIB
dua-tahun-absen-masjid-nabawi-kembali-gelar-buka-puasa-bersama
Tradisi buka puasa di Masjid Nabawi yang akan kembali dibuka (Sumber: Saudi Gazette)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

MADINAH, KOMPAS.TV – Setelah dua tahun absen karena pandemi, masjid suci umat Islam yang berada di Madinah, Masjid Nabawi, kembali berencana menggelar program buka puasa bersama yang sebelum pandemi rutin dilakukan.

Hal itu diumumkan secara resmi oleh badan urusan Masjid Nabawi yang akan membuka program buka puasa massal di Masjid bersejarah tersebut.

Seperti dilansir Saudi Gazette (15/1) badan urusan masjid Nabawi itu juga menjelaskan tentang protokol kesehatan yang sangat ketat terkait dibukanya kembali program iftar, atau buka puasa bersama itu.

Dalam keterangannnya, hanya orang-orang tertentu yang dapat izin diperbolehkan untuk mengurus Iftar Sofra, proses penyebaran atau peletakkan makanan ke jemaah di tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Terkait jumlah berapa yang akan diperbolehkan di masjid dan ikut iftar, pihak otoritas juga masih belum bisa memastikan.

Baca Juga: Efek Omicron, Saudi Perketat Ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Terkait potensi penyebaran virus via makanan misalnya, pihak otoritas juga menegaskan sudah mempersiapkan perusahaan catering khusus guna menyiapkan mananan itu.

Saat penyabaran makanan atau dikenal dengan Iftar Sofra misalnya, dijelaskan bahwa hanya 5 orang dalam 1 nampan atau tempat khusus itu.

Sofra di Nabawi bahkan dianggap sebagai wadah atau tempat makanan iftar terpanjang di dunia dan berada dalam area masjid.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x