Kompas TV regional berita daerah

Dekranasda Jateng Store Resmi Hadir di YIA

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 17:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meresmikan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Jateng Store di Yogyakarta International Airport, Kamis (13/01/22) sore. Dekranasda di Bandara ini diharapkan mampu membangkitkan geliat ekonomi para pelaku UMKM di Jawa Tengah.

Peluncuran ditandai dengan pembukaan tirai replika tokoh pewayangan yaitu Bima. Beragam stand produk UKM ditampilkan di area Dekranasda Jateng Store, mulai dari produk aneka kuliner hingga kerajinan tangan.

Menurut Ganjar, area Dekranasda Jateng Store di bandara ini terbilang besar dan diharapkan bisa menampung produk lebih banyak, sehingga para pelaku UKM bisa segera bangkit dan berkembang di tengah pandemi Covid-19.

"Jualan di Bandara Yogya, jadi beberapa tempat kita pakai untuk jualan, ini yang di Yogya lebih besar (tempatnya), produknya juga lebih banyak, dan juga kita buatin satu katalog dengan judul lokal ini dan ada guidance (bimbingan/penunjuk). Harapan saya akan makin tebal dan produk-produk yang kita tampilkan beberapa diantaranya sudah kita kurasi, bahkan ada yang sudah kita ekspor sekarang kita jual di bandara ini. Mudah-mudahan ini nanti orang bisa belanja, bisa untuk souvenir dan barangkali nanti ada orang yang pengen menjadi resellernya" ujar Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. 

Sebelum peluncuran dilakukan Dekranasda atau Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Tengah, telah melakukan kurasi terhadap produk UKM yang dipajang. Hasilnya dari 29 kabupaten - kota, terdapat 88 UMKM dengan 481 jenis produk dan 2143 item ikut meramaikan Dekranasda Jateng Store kali ini. Nantinya akan dilakukan  evaluasi setelah 6 bulan untuk melihat respon pasar. #umkm #dekranasda #ganjarpranowo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x