Kompas TV regional peristiwa

Resmikan Tim Patroli Presisi Polda Metro Jaya, Kapolri: Jaga Wibawa, Hindari Penyimpangan!

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 15:31 WIB
resmikan-tim-patroli-presisi-polda-metro-jaya-kapolri-jaga-wibawa-hindari-penyimpangan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah) saat meresmikan Tim Patroli Perintis Presisi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (13/1/2022).(KOMPAS.com/Tria Sutrisna) (Sumber: KOMPAS.com/Tria Sutrisna)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan tim patroli perintis Presisi Polda Metro Jaya, Kamis (13/1/2022).

Dalam sambutannya, Sigit meminta tim yang nantinya akan bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya agar menjaga wibawa dan menghindari penyimpangan.

"Jaga kewibawaan, hindari penyimpangan! Tampil dan yakinkan bahwa dengan kehadiran rekan-rekan, maka rasa aman betul-betul bisa diwujudkan," ujar Listyo di Mapolda Metro Jaya, Kamis.

Ia mengatakan seiring dengan peningkatan aktivitas masyarakat tentunya berpotensi adanya gangguan kejahatan yang meningkat.

Ia pun meminta tim tersebut melakukan evaluasi setiap hari agar model-model kejahatan, khususnya di jalan raya, dapat benar-benar dipahami dan bisa ditangani secara maksimal.

Baca juga: Kumpulkan Lagi Kepercayaan Masyarakat, Kapolri Minta Seluruh Personel Kepolisian Serap Aspirasi

Dengan begitu, kata dia, masyarakat akan bisa merasa aman dan nyaman, tanpa harus takut dengan potensi kejahatan-kejahatan di jalan raya.

"Setiap hari evaluasi, pelajari, sehingga kemudian model-model kejahatan yang ada, khususnya yang terkait dengan street crime, betul-betul rekan-rekan kuasai," kata Listyo.

Adapun langkah-langkah tersebut yakni dengan memberikan edukasi ke masyarakat tentang potensi kejahatan, memberikan pesan-pesan kamtibmas sehingga masyarakat bisa lebih berhati-hati dan tidak menjadi potensi sasaran kejahatan.

"Tentunya harapan kita dengan langkah-langkah preemtif dan preventif, langkah pencegahan lebih kuat maka kejahatan yang terjadi akan jauh berkurang. Ini tentunya menjadi harapan kita semua," ujar Sigit.

Lebih lanjut, mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan mengatakan bahwa sepanjang tahun 2021, ada 79 persen kejahatan yang terjadi adalah kejahatan konvensional dan 35 persennya merupakan kejahatan jalanan.

Maka dengan hadirnya tim ini, ia berharap dapat memberikan rasa aman pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan.

"Tim patroli yang dibentuk sudah dibekali dengan kemampuan mulai dari teknis hingga taktis dalam melaksanakan tugas di lapangan nanti," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x