Kompas TV otomotif news

Pebalap Jalanan Mulai Jajal Lintasan Street Race Polda Metro di Pademangan

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 09:24 WIB
pebalap-jalanan-mulai-jajal-lintasan-street-race-polda-metro-di-pademangan
Seorang pebalap tengah melakukan test drive di kawasan Ancol yang akan digunakan untuk track balap khusus komunitas, Senin (10/1/2022). (Sumber: KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Sejumlah pebalap mulai menjajal lintasan street race Polda Metro Jaya di Jalan Lodan Raya atau Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (10/1/2022).

Dikutip dari NTMC Polri (10/1/2022), lintasan itu membentang dari Gerbang Barat hingga Gerbang Timur Taman Impian Jaya Ancol, dengan panjang 1,1 kilometer.

Arena itu dijadwalkan menjadi ajang balapan motor yang diprakarsai oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) pada 15 Januari 2022.

Seorang pebalap liar bernama Angga Abdillah menilai kondisi lintasan street race yang berlokasi di Jalan Lodan Raya atau Jalan Inspeksi Kali Ancol itu masih harus diperbaiki karena bergelombang.

Pebalap yang biasa berlaga di sekitaran Kemayoran hingga Gunung Sahari, Jakarta Pusat itu telah menjajal lintasan tersebut.

Baca Juga: Fasilitasi Pembalap Liar, Polda Metro Jaya Pilih Ancol Sebagai Lokasi Drag Race Pertama

Dia diajak berdiskusi oleh pihak kepolisian dan perwakilan IMI mengenai kondisi lintasan dan hal yang harus diperbaiki.

“Kalau ban kecil lumayan sih, bumpy (bergelombangnya) berasa kalau buat ban kecil. Kalau buat ban gede enggak ada masalah,” ujar Angga.

Menurutnya, jika kondisi itu tidak segera diperbaiki, aspal yang bergelombang sangat membahayakan para pebalap saat memacu motornya.

 “Kalau ban kecil berisiko, motornya rawan terpental. Suspensinya kan beda antara motor tinggi dengan motor kayak gini,” ucap Angga.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombel Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, pihaknya telah menerima aspirasi para pebalap jalanan dalam diskusi yang digelar belum lama ini.

Para pebalap jalanan itu menyepakati wacana balapan tersebut dengan konsep drag race.

“Ini kan baru first step dan disepakati drag race. Jadi kita cari trek yang lurus apakah 200 meter, apa 420 meter atau 500 meter,” ucap Sambodo, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Fasilitasi Balap Liar, Drag Race Akan Digelar Perdana di Ancol pada 15 Januari 2022

Dia berharap ajang drag race resmi ini itu dapat menghilangkan aksi balap liar yang berada di Jakarta, sekaligus dapat mengubah stigma terhadap balap liar.

“Tujuan utama atau goals-nya adalah kita berupaya dengan event seperti ini dan menyiapkan lokasi mereka untuk melaksanakan latihan ini bisa menghilangkan dan meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan,” kata Sambodo.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x