Kompas TV internasional kompas dunia

Gunakan Video Presiden Jokowi Beri Jalan Ambulans, Media Malaysia Sindir PM Ismail SabrI

Kompas.tv - 9 Januari 2022, 11:17 WIB
gunakan-video-presiden-jokowi-beri-jalan-ambulans-media-malaysia-sindir-pm-ismail-sabri
Ilustrasi. Momen saat Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Media Malaysia menyindir PM Ismail Sabri dengan video saat Presiden Jokowi membiarkan mobil ambulans lewat. (Sumber: Indonesian Presidential Palace via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Media Malaysia menggunakan video Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi jalan ambulans untuk menyindir Perdana Menteri (PM) Ismail Sabri.

Berbanding terbalik, sebelumnya rombongan PM Ismail Sabri pernah memberhentikan mobil ambulans agar rombongan pemimpin pemerintahan Malaysia itu bisa lewat lebih dulu.

Kejadian tersebut terjadi di Hulu Langat, Selangor, bulan lalu.

Hulu Langat merupakan salah satu distrik yang terdampak banjir besar sangat parah di Malaysia.

Baca Juga: Bongkahan Batu Jatuh dari Tebing Dekat Air Terjun Menimpa Perahu Wisata, 7 Orang Tewas

Dikutip dari The Strait Times, insiden itu pun menimbulkan kemarahan warga Malaysia di media sosial.

Itu juga menjadi contoh lainnya dari pejabat tinggi, yang memprioritaskan kunjungan mereka yang banyak difoto ke daerah banjir dari pada bantuan untuk banjir yang sebenarnya.

Adalah media Malaysia, Wapcar yang memberikan sindiran kepada PM Nur Sabri, dengan menggungah video rombongan Presiden Jokowi memberikan jalan untuk amnbulans.

“Saat VIP Malaysia menghentikan ambulans mengatasnamakan keamanan ambulans, Presiden Indonesia, Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, terlihat pada video yang viral, rombongannya memberikan jalan bagi ambulans untuk lewat,” tulis Wapcar.

Media tersebut mengatakan ini bukan pertama kalinya video konvoi Presiden Jokowi memberi jalan untuk keadaan darurat menjadi viral.

“Dari pemahaman kami, video-video seperti ini sengaja dibuat viral untuk dijadikan contoh baik bagi masyarakat Indonesia, maupun negara-negara tetangga yang kurang berkembang,” lanjutnya.

Media otomotif itu pun meminta PM Ismail Sabri dan sosok VIP lainnya mencontohkan apa yang dilakukan Presiden Jokowi tersebut.

Baca Juga: PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob Lawatan Resmi ke Indonesia Bertemu Jokowi

Menurut Wapcar, para VIP Malaysia juga akan diuntungkan jika mau mencontoh apa yang dilakukan Presiden Jokowi.

Tangkapan layar iring-iringan kendaraan pengawal Jokowi yang memberi jalan ambulans saat melintasi Jalan DI Pandjaitan, Samarinda, Kaltim, Selasa (24/8/2021). (Sumber: Istimewa)

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, video itu diambil saat Presiden Jokowi tengah berkunjung ke Jawa Tengah.

Ambulans ketika itu harus melewati jalan yang penuh sesak dengan rakyat Indonesia yang berkumpul menyambut Presiden.

Tetapi rombongan Presiden Jokowi memilih mengalah dan memberikan jalan untuk ambulans tersebut lewat.

Sebelumnya pada Agustus 2021 lalu, hal serupa juga dilakukan Presiden Jokowi dan rombongan di Samarinda, Kalimantan Timur yang memilih berhenti terlebih dahulu serta memberikan jalan untuk ambulans yang akan melintas.



Sumber : Wapcar/The Strait Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x