Kompas TV nasional peristiwa

Pemberangkatan Umrah Dinilai Keputusan Berani, Ini Kata Kemenag

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 20:22 WIB
pemberangkatan-umrah-dinilai-keputusan-berani-ini-kata-kemenag
Foto para jemaah umrah berangkat dari asrama haji Pondok Gede, jakarta Timur. Kemenag lantas mengingatkan para operator haji agar tetap satu pintu (Sumber: Kemenag)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia baru saja memberangkatkan 419 jemaah umrah. Pemberangkatan tersebut menjadi yang perdana setelah dua tahun tertunda karena pandemi Covid-19. 

Lantas, kebijakan itu pun dinilai sebagai keputusan berani. Sebab, kasus Covid-19 di tanah air menunjukkan peningkatan. 

Ditambah lagi, varian baru Covid-19, Omicron, yang peningkatannya diakibat impor dari luar negeri dan mobilitas perjalanan internasional. Termasuk perjalanan ke Turki dan negara-negara Arab Saudi.

Menjawab hal tersebut, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengakui keputusan pemberangkatan jemaah umrah adalah tindakan berani.

"Jadi, kalau ini dipandang berani, memang kita berani," ungkap Latief dalam program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Sabtu (8/1/2022).

Adapun soal penyebaran varian Covid-19, Latief mengatakan bahwa semua kasus Covid-19 berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, pihaknya mencoba memfasilitasi pemberangkatan jemaah umrah, dengan melibatkan negara di dalamnya. 

"Sebagai mitigasi dampak dari penularan Covid-19 yaitu dengan menerapkan protokol-protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Baca Juga: Update Jemaah Umrah di Mekah: Karantina 5 Hari hingga Surat Izin Masuk Masjidil Haram

"Justru, kalau kami tidak hadir di situ, itu yang lebih berbahaya," sambung Latief.

Berbahaya, lanjut Latief, karena semua jemaah bisa berangkat dengan tidak terkontrol. Seseorang yang telah mendapatkan visa bisa mendapatkan tiket dan berangkat tanpa ada kontrol terkait protokol kesehatan.

"Saya kira, harus diletakkan dalam konteks bahwa, jadi bukan kami memberangkatkan umrah, tetapi kami justru menahan agar umroh itu dilaksanakan secara terkendali," terangnya.

Baca Juga: Hari ini Sebanyak 419 Jemaah Umrah Diberangkatkan ke Arab Saudi, Ini Kata Kemenag

419 Jemaah Umrah Indonesia Diberangkatkan

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 419 jemaah Umrah diberangkatkan dari Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur pada Sabtu (8/1/2022).

Pelepasan rombongan umrah perdana pada 2022 ini dipimpin Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief.

"Perlu kami sampaikan setelah kami hold berkali-kali akhirnya bisa kita wujudkan. Karena ada puluhan ribu jemaah umrah yang tertunda. Saat ini kita lepas 419 jemaah," ujar Hilman, Sabtu.

Dia mengatakan, masih banyak jemaah yang akan diberangatkan. Namun, pemerintah mengatur keberangkatan, agar tertib dan pelaksanaan protokol kesehatan menjadi lebih baik. 

"Sebetulnya masih banyak. Namun kita atur keberangkatannya. Agar ritmenya terjaga karena kita ingin calon jemaah umrah memenuhi prokes baik di Indonesia atau di Arab Saudi," katanya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x