Kompas TV nasional peristiwa

Hari ini Sebanyak 419 Jemaah Umrah Diberangkatkan ke Arab Saudi, Ini Kata Kemenag

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 11:28 WIB
hari-ini-sebanyak-419-jemaah-umrah-diberangkatkan-ke-arab-saudi-ini-kata-kemenag
Ilustrasi umrah. Secara resmi  8 januari 2022 Indonesia akan mengirimkan jamaah umrah ke Saudi (Sumber: Dokumen Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Izin pelaksanaan ibadah Umrah bagi jemaah asal Indonesia kembali dibuka. Hari ini, Sabtu (8/1/2022), sebanyak 419 jemaah Umrah diberangkatkan dari Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Pelepasan rombongan umrah perdana pada 2022 ini dipimpin Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief.

"Perlu kami sampaikan setelah kami hold berkali kali akhirnya bisa kita wujudkan. Karena ada puluhan ribu jamaah umrah yang tertunda. Saat ini kita lepas 419 jemaah," ujar Hilman, Sabtu.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Pemerintah Kembali Buka Ibadah Umrah

Dia mengatakan, masih banyak jemaah yang akan diberangatkan. Namun, pemerintah mengatur keberangkatan, agar tertib dan pelaksanaan protokol kesehatan menjadi lebih baik. 

"Sebetulnya masih banyak. Namun kita atur keberangkatannya. Agar ritmenya terjaga karena kita ingin calon jamaah umrah memenuhi prokes baik di Indonesia atau di Arab Saudi," katanya. 

Dia menyatakan, jumlah 419 jemaah yang berangkat berdasarkan kesiapan dan menyesuaikan jadwal penerbangan, dan bukan karena adanya pembatasan dari Pemerintah Arab Saudi. 

Baca Juga: Sore Ini Jemaah Umrah Indonesia Tiba di Tanah Suci, Mereka akan Dipasangi Gelang Khusus

Dia juga mengingatkan pentingnya jemaah tetap tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini untuk meberikan pesan kepada Pemerintah Arab Saudi bahwa Indonesia siap memanfaatkan kuota maksimal jumlah jemaah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x