Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Gagal Panen Akibat Banjir, Kerugian Nelayan Keramba di Aceh Diperkirakan Capai Ratusan Juta

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 20:01 WIB
gagal-panen-akibat-banjir-kerugian-nelayan-keramba-di-aceh-diperkirakan-capai-ratusan-juta
Nelayan membersihkan area tambak sentra produksi perikanan budi daya klaster Blang Mangat di Kota Lhokseumawe. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Deni Muliya

BANDA ACEH, KOMPAS.TV – Puluhan nelayan budi daya perikanan keramba di sentra produksi perikanan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh kini harus gigit jari.

Betapa tidak, mereka belakangan ini mengalami gagal panen dengan kerugian yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Penyebab gagal panen tiada lain karena banjir yang melanda daerah itu sejak sepekan terakhir.

"Banjir yang terjadi beberapa hari terakhir merendam tambak budi daya udang vaname dan ikan bandeng, sehingga kami gagal panen. Kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah," ungkap Ketua Kelompok Tani Jak U Neuheun, Abdul Rauf di Lhokseumawe, Jumat (7/1/2022), dikutip dari Antara.

Disebutkan, kelompok yang dipimpinnya mengelola sentra perikanan budi daya klaster Blang Mangat dengan luas mencapai 70 hektare.

Selain direndam banjir,  tambak budi daya perikanan juga rusak parah akibat terjangan banjir. 

Sehingga, hampir semua ikan dan udang budi daya keramba dibawa arus air.

Padahal, menurut Abdul Rauf, pada Januari ini sudah memasuki musim panen.

Namun, setelah dilanda banjir, harapan nelayan menjadi buyar karena ikan dan udang budi daya tersebut terbawa arus banjir.

Baca Juga: Keramba Tak Bertuan di Danau Maninjau Mulai Direvitalisasi

"Kami bersama 40 nelayan hanya bisa pasrah dengan musibah ini. Untuk modal budi daya perikanan ini sebagian dari kami meminjam dana pihak ketiga," ujarnya.

Diketahui, dalam setiap panen mampu menghasilkan lima hingga 10 ton udang vaname atau 300 kilogram per hektare dan ikan sebanyak dua sampai tiga ton.

Sementara itu, Ketua Kontak Tani Nelayan (KNTA) Kota Lhokseumawe, Azhar mengatakan, lokasi sentra produksi perikanan budidaya klaster Blang Mangat berada di empat desa, yakni di Desa Teungoh, Desa Tunong, Desa Ulee Blang Mana, dan Desa Meunasah Mesjid.

Menurut Azhar, saat ini pihaknya belum dapat memprediksi berapa ikan dan udang yang tersisa di sentra perikanan tersebut.

Namun perkiraan sementara hanya tersisa ratusan kilogram saja.

"Setelah air sudah normal, baru bisa memprediksi berapa sisa ikan dan udang yang tersisa. Untuk kerugiannya, ditaksir mencapai Rp 500 jutaan (setengah miliar)," kata Azhar.

Ia  mengharapkan pemerintah daerah dapat mengasuransikan para petani budi daya perikanan agar jika terjadi banjir tidak mengalami kerugian seperti sekarang.

"Rata-rata nelayan di klaster perikanan ini mendapatkan modal dari pinjaman pihak ketiga. Jika bencana seperti ini, bagaimana cara nelayan membayar pinjaman tersebut. Kalau ada asuransi, minimal bisa balik modal," ungkapnya.

Baca Juga: Daftar Kebutuhan Pengungsi Banjir di Aceh Utara



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x