Kompas TV video sinau

Mana yang Lebih Baik, Sabun Batang atau Sabun Cair?

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 14:56 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Setidaknya kita mandi sebanyak dua kali dalam sehari untuk membersihkan tubuh. Karena  kita tinggal di negara tropis. Jika di negara dengan empat musim, frekuensi mandi seseorang tergantung pada musim yang sedang berlangsung.

Saat  mandi kita membutuhkan sabun untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit ,selain itu juga untuk membasmi bau tak sedap di tubuh.

Beraneka ragam aroma dan bentuk sabun yang dapat kita pilih, sesuai dengan kesukaan masing-masing, tapi biasanya sabun terbagi dua menurut wujudnya, ada sabun cair dan sabun batang.

Mengutip KOMPAS.com sabun adalah senyawa kimia yang paling tua di dunia, pada dasarnya sabun dibuat berdasarkan reaksi kimia dari tercampurnya  minyak dengan larutan yang bersifat basa (alkali).

Zaman dahulu sabun yang paling sering kita temukan adalah sabun jenis batang, sedangkan sekarang sabun cair lazim kita temui di toko atau warung terdekat.

Manakah yang lebih baik, sabun batang atau cair?

1.Sabun Cair

Diyakini sabun cair lebih higienis daripada sabun batang karena wadahnya yang tertutup dengan kemasan yang khusus agar terhindar dari kontak langsung dengan pengguna.

Sayangnya, harga sabun cair lebih mahal ketimbang sabun batang.

2.Sabun Batang

Sabun batang harus disimpan dengan baik setelah dibuka dari bungkusnya, jika tempat penyimpanannya terkena air , sabun batang bisa cepat habis.

Dalam penggunaanya juga tak boleh sembarangan. Disarankan, hanya dipakai untuk satu orang saja.

Baca Juga: Benarkah Mandi Malam Bahaya Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

https://www.kompas.tv/article/196000/benarkah-mandi-malam-bahaya-bagi-kesehatan-ini-faktanya 

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x