Kompas TV regional agama

Ini Alasan WNA yang Tertangkap Lompati Pagar Candi Prambanan

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 14:43 WIB
ini-alasan-wna-yang-tertangkap-lompati-pagar-candi-prambanan
Sepasang wisatawan mancanegara (wisman) asal Rusia tepergok petugas keamanan Candi Prambanan saat menyelinap masuk melompati pagar pintu gerbang masuk, Minggu (2/2/2022). (Sumber: tangkapan layar)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sepasang warga negara asing (WNA) atau wisatawan mancanegara (wisman) asal Rusia tepergok petugas keamanan Candi Prambanan saat menyelinap masuk melompati pagar pintu gerbang masuk, Minggu (2/1/2022).

Video kedua wisman yang melompati pagar pintu masuk Candi Prambanan itu juga viral di media sosial setelah warga merekam aksi mereka.

Menurut General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Jamaludin Mawardi, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Ketika itu, petugas keamanan mendapatkan laporan dari sopir shuttle Prambanan yang melihat sepasang wisman dengan gerak-gerik aneh di depan pintu masuk gerbang Candi Prambanan yang berada di perbatasan Sleman dan Klaten.

“Saat diperiksa mereka hanya menunjukkan tiket parkir sepeda motor,” ujarnya, Selasa (4/2/2022).

Baca Juga: Tertangkap Kamera, 2 WNA Masuk Candi Prambanan dengan Panjat Pagar

Petugas keamanan sempat mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan sepasang wisman yang melompati pintu pagar Candi Prambanan itu. Sebab, mereka berasal dari Rusia dan tidak berbahasa Inggris.

Petugas keamanan memanggil local guide dan sepasang wisman itu pun diarahkan untuk membeli tiket masuk Candi Prambanan jika ingin berwisata. Akhirnya, kedua wisman itu pun membeli tiket masuk Candi Prambanan.

Jamaludin mengungkapkan ada kemungkinan motivasi mereka melompati pagar masuk Candi Prambanan supaya bisa berhemat.

Seperti yang diketahui, tiket masuk Candi Prambanan untuk wisman dibanderol Rp 350.000 per orang.

Baca Juga: Beberapa Tempat Wisata Mulai Dibuka, dari Dufan Sampai Candi Prambanan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x