Kompas TV nasional peristiwa

Tanggapi soal Batu Bara, Erick Thohir: Kebutuhan Dalam Negeri Diprioritaskan

Kompas.tv - 4 Januari 2022, 14:57 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa kebutuhan energi dalam negeri menjadi prioritas pemerintah.

Maka darinya, saat ini pasokan batu bara dan liquefied natural gas (LNG) diutamakan untuk kebutuhan dalam negeri.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Erick Thohir setelah menggelar rapat dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, termasuk pihak Kejaksaan Agung dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Senin (3/1/2022) malam.

Baca Juga: Jokowi Ingin Indonesia Berhenti Impor Alkes dan Obat, Erick Thohir akan Fokus Herbal hingga Vaksin

"Kebutuhan energi dalam negeri akan jauh lebih diprioritaskan demi kelancaran pembangunan," ujar Erick seperti dikutip dari kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Langkah cepat tersebut dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan rendahnya suplai batu bara dan LNG sebagai sumber energi dengan tujuan mendukung pasokan listrik nasional jangka panjang.

Erick mengatakan bahwa para menteri terkait yang mendapatkan penugasan mengenai suplai batu bara dan LNG untuk mendukung pasokan listrik nasional, segera membagi tugas.

Kementerian BUMN juga akan memperbaiki kontrak jangka panjang kebutuhan suplai sesuai dengan rapat bersama Kejagung dan BPKP.

"Kami juga akan memperbaiki sistem logistik dan infrastuktur untuk memastikan kebutuhan batu bara dalam negeri terpenuhi," ujar Erick.

Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x