Kompas TV regional berita daerah

Banjir Lahar Semeru Menerjang, Warga Mengungsi ke Bukit

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 19:23 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Sejumlah warga di Kabupaten Lumajang Jawa Timur memilih mengungsi saat terjadi banjir lahar hujan gunung semeru. Mereka takut banjir lahar yang membawa material endapan lava masuk ke rumah mereka.

Salah satu lokasi yang ditempati warga untuk mengungsi berada di perbukitan Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Warga memilih meninggalkan rumah dan mengungsi, karena takut ada banjir lahar susulan.

Selain Dusun Sumber Kajar Desa Jugosari, warga di Dusun Sumber Langsep juga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman. Namun sayang, Bupati Lumajang beserta petugas BPBD tidak bisa menemui warga di Dusun Sumber Langsep, karena jembatan menuju lokasi tersebut jebol akibat diterjang banjir lahar hujan.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan bahwa pemerintah akan menyiapkan tempat pengungsian bagi warga Desa Jugosari, yang selalu cemas dan ketakutan saat hujan turun.

Baca Juga: Lagi, Gunung Semeru Muntahkan Lahar Hujan Disertai Awan Panas

Sementara itu, akibat banjir lahar hujan pada Minggu (2/1/2022), 2 orang pengembala kerbau di Desa Bades Kecamatan Pasirian terjebak di tengah sungai. Mereka tidak bisa pulang karena arus banjir cukup deras.

Warga dan petugas tidak mampu berbuat banyak, selain melempar makanan ke korban  untuk bertahan hidup. Upaya penyelamatan belum bisa dilakukan, karena banjir belum surut.

 

#BanjirLaharHujan #GunungSemeru #Erupsi #Lumajang #Mengungsi #Bukit



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x