Kompas TV regional peristiwa

Danrem 061 Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi Ancam Bubarkan Ceramah Bahar Smith jika...

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 06:38 WIB
danrem-061-surya-kencana-brigjen-tni-achmad-fauzi-ancam-bubarkan-ceramah-bahar-smith-jika
Bahar Smith terjerat kasus ujaran kebencian dan kini pihak kepolisian telah memeriksan 50 saksi dan menyita enam barang bukti. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

BOGOR, KOMPAS.TV - Komandan Korem atau Danrem 061 Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi berpesan kepada Bahar Smith agar setiap ceramah yang disampaikannya dapat memberikan kesejukan serta kedamaian kepada umat.

Namun sebaliknya, apabila ceramah yang disampaikan Bahar Smith masih bernada provokatif, maka pihaknya tak akan segan-segan mengambil sikap tegas dengan membubarkan ceramah tersebut.

Baca Juga: Tegas Usut Kasus Dugaan Ujaran Kebencian, Polisi Bakal Periksa Bahar Smith Besok

Demikian pesan Danrem 061 Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi itu disampaikan oleh Kepala Penerangan Korem 061 Surya Kencana Mayor Ermansyah.

"Hal ini (ceramah bersifat provokatif) apabila masih terjadi, kami tidak segan-segan membubarkan ceramah tersebut sesuai ketentuan dan prosedur hukum yang berlaku dengan melibatkan aparat terkait," kata Ermansyah dikutip dari Kompas.com pada Minggu (3/1/2022).

Ermansyah menambahkan Brigjen Achmad Fauzi memperingatkan Bahar Smith agar tidak melakukan tindakan provokatif dalam setiap ceramahnya.

Terlebih, jika dalam ceramah itu sampai menyinggung institusi TNI dan menghina Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurrachman.

Baca Juga: Polisi Periksa Pengunggah Video Ceramah Bahar Smith yang Diduga Berisi Ujaran Kebencian

"Danrem menyampaikan kalau ke depan dalam ceramah, janganlah ada unsur provokatif, menyinggung institusi kami (TNI)," ucap Ermansyah.

"Apalagi menjelekkan dan menghina pimpinan kami Jenderal TNI Dudung Abdurahman. Ini akan meresahkan masyarakat."

Menurut Ermansyah hal itulah yang sebenarnya disampaikan oleh Brigjen TNI Achmad Fauzi kepada Bahar Smith saat mendatangi pondok pesantrennya yang berada di Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (31/12/2021).

Ermansyah merasa perlu meluruskan beberapa hal terkait perdebatan yang terjadi antara Brigjen Achmad Fauzi dengan Bahar Smith yang terekam dalam sebuah video hingga akhirnya viral setelah diunggah ke media sosial.

Baca Juga: Perkembangan Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Bahar Smith: 50 Orang Saksi Diperiksa

Pertama, kata Ermansyah, Brigjen TNI Achmad Fauzi datang ke pondok pesantren milik Bahar Smith tersebur dengan cara baik-baik.

Kedua, kehadiran sejumlah anggota TNI bersama Danrem 061 Surya Kencana ke pondok tersebut bukanlah untuk menakut-nakuti warga di sana.

"Kehadiran Danrem ke kediaman Bahar bin Smith dengan cara baik-baik, bukan oknum TNI yang datang seperti yang diviralkan, karena menggunakan seragam TNI lengkap," ucap Ermansyah.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x