Kompas TV internasional kompas dunia

Bom Pinggir Jalan Tewaskan 4 Orang dan Lukai 15 Lainnya di Pakistan

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 08:12 WIB
bom-pinggir-jalan-tewaskan-4-orang-dan-lukai-15-lainnya-di-pakistan
Petugas keamanan memeriksa lokasi ledakan bom, di Quetta, Pakistan, Kamis, 30 Desember 2021. Sebuah bom pinggir jalan meledak di luar sebuah perguruan tinggi di Quetta, Pakistan. Peristiwa ini menewaskan beberapa orang dan melukai sekitar satu lusin orang. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

QUETTA, KOMPAS.TV - Sebuah bom pinggir jalan meledak di luar sebuah perguruan tinggi di Quetta, Pakistan, Kamis (30/12/2021). Peristiwa ini menewaskan empat orang dan melukai sedikitnya 15 orang.

Menurut polisi dan petugas penyelamat, sebagian besar korban merupakan orang yang sedang melewati jalanan tersebut. 

Serangan itu terjadi di luar Science College di Quetta, Ibu Kota provinsi Baluchistan. Menurut Baqi Hussain, seorang penyelamat, mereka telah mengangkut tiga mayat dan sekitar satu lusin orang terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Salah satu orang yang mengalami luka berat kemudian meninggal di rumah sakit.

Baca Juga: Saingi India yang Beli Rafale Prancis, Pakistan Borong 25 Jet Tempur J-10C China

Hussain mengkonfirmasi total korban tewas dalam peristiwa ini adalah empat orang. Kampus perguruan tinggi yang berada di dekat lokasi pengeboman kemudian ditutup.

Seperti dikutip dari The Associated Press, tidak ada dosen atau mahasiswa yang menjadi korban ledakan bom.

Hingga kini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas pemboman itu. Namun biasanya serangan dengan pola-pola semacam ini merupakan serangan dari gerilyawan dan separatis. 

Baca Juga: Pakistan Ajak Negara-Negara Muslim Bantu Afghanistan Hadapi Krisis

Baluchistan merupakan tempat pemberontakan yang telah berlangsung lama oleh kelompok-kelompok separatis Baluch.

Kelompok ini telah melakukan pemboman dan serangan penembakan selama beberapa dekade terhadap warga sipil dan pasukan keamanan, untuk mendapatkan kemerdekaan.

Taliban Pakistan dan kelompok ISIS juga hadir di Baluchistan. Islamabad bersikeras bahwa pasukan Pakistan telah menumpas pemberontakan di Baluchistan. Namun demikian hingga kini kekerasan terus berlanjut di sana.
 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x