Kompas TV internasional kompas dunia

Saingi India yang Beli Rafale Prancis, Pakistan Borong 25 Jet Tempur J-10C China

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 18:47 WIB
saingi-india-yang-beli-rafale-prancis-pakistan-borong-25-jet-tempur-j-10c-china
Jet tempur J-10C buatan China. Pakistan mengonfirmasi pembelian satu skuadron yang terdiri dari 25 pesawat tempur multi peran segala cuaca J-10C buatan China, setelah India membeli jet tempur Rafale buatan Prancis. (Sumber: Xinhua/Xi Bobo)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

ISLAMABAD, KOMPAS.TV – Pakistan mengonfirmasi pembelian satu skuadron lengkap yang terdiri dari 25 jet tempur multi fungsi J-10C buatan China. Pembelian ini disebut merupakan tanggapan setelah India membeli jet tempur Rafale buatan Prancis. 

Satu skuadron lengkap 25 pesawat segala cuaca J-10C itu akan dipamerkan dalam upacara Hari Pakistan pada 23 Maret tahun depan. Hal ini diungkapkan Menteri Dalam Negeri Pakistan Sheikh Rashid Ahmed pada Rabu (29/12/2021) di Rawalpindi, seperti dikutip dari NDTV, Kamis (30/12).

Tampaknya, China menjadi penyelamat bagi sekutu terdekatnya itu dengan menyediakan J-10C, salah satu unit jet tempur yang sangat diandalkan China.

Baca Juga: TNI AU Pilih Jet Tempur Rafale dan F-15EX, Segera Siapkan 3 Skuadron Khusus

Namun, sang Mendagri Pakistan itu sempat salah ucap menyebut nama pesawat tempur itu. Alih-alih menyebut J-10C, Rashid Ahmed malah menyebutnya sebagai JS-10.

“Tetamu VIP akan datang (menghadiri upacara pada 23 Maret) untuk pertama kali di Pakistan, dan upacara akan menampilkan aksi terbang JS-10. Angkatan Udara Pakistan akan menampilkan aksi terbang-lintas JS-10 (buatan) China sebagai tanggapan atas Rafale,” ujarnya.

Jet tempur J-10C itu merupakan bagian dari latihan gabungan Pakistan-China tahun lalu, di mana para ahli dari Pakistan berkesempatan menilik jet tempur itu dari jarak dekat.

Baca Juga: Uni Emirat Arab Resmi Borong 80 Jet Tempur Rafale F4 Prancis Versi Tercanggih

Latihan gabungan itu dimulai pada 7 Desember di Pakistan dan berlangsung selama 20 hari. China mengirimkan pesawat tempurnya, termasuk J-10C, jet tempur J-11B, pesawat peringatan dini KJ-500 dan pesawat tempur elektronik Y-8. Sementara, Pakistan berpartisipasi dengan mengerahkan jet tempur JF-17 dan Mirage III.

Pakistan telah memiliki armada F-16 buatan Amerika Serikat. Namun, negara itu tengah mencari jet multi peran segala cuaca baru demi meningkatkan pertahanannya setelah India membeli jet Rafale dari Prancis.

Hampir lima tahun lalu, India menandatangani perjanjian antar-pemerintah dengan Prancis untuk membeli 36 jet Rafale untuk mendongkrak kemampuan tempur Angkatan Udara India.

Baca Juga: Kroasia Resmi Beli 12 Jet Tempur Canggih Rafale Prancis

 



Sumber : NDTV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.