Kompas TV nasional kesehatan

Satgas Covid-19 Minta Petugas Waspada Hasil Tes PCR Palsu untuk Masuk Indonesia lewat Batam

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 14:26 WIB
satgas-covid-19-minta-petugas-waspada-hasil-tes-pcr-palsu-untuk-masuk-indonesia-lewat-batam
Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba di Batam, Kepulauan Riau (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satgas Penanganan Covid-19 meminta agar pengawasan pintu masuk laut di Batam, Kepulauan Riau diperketat.  

Pengetatan ini setelah petugas sempat menemukan adanya hasil tes PCR palsu yang dibawa pekerja migran Indonesia dari Malaysia. 

Deputi Penanganan Darurat BNPB Mayen TNI Fajar Setyawan menyatakan hasil tes PCR palsu yang dibawa pekerja migran dapat menambah risiko penyebaran Covid-19 di Batam, terlebih saat ini varian Omicron merebak di luar negeri.

Baca Juga: Kronologi Pembongkaran Praktik Hasil Tes PCR Palsu di Bandara Halim Perdanakusuma

Satgas Covid-19 juga melakukan koordinasi dengan Gubernur Kepulauan Riau Anshar Ahmad, untuk memastikan pengawasan terkait masuknya pekerja migran Indonesia serta karantina berjalan dengan baik.

"Entry test untuk setiap orang yang datang - sebagian besar PMI - dari Malaysia dan Singapura menjadi keharusan. Selain itu kami juga akan menambah tempat-tempat karantina baru," ujar Fajar saat rapat koordinasi bersama Gubernur Kepulauan Riau Anshar Ahmad, Kamis (30/12/2021).

Selain pengawasan Satgas Covid-19 juga meminta agar Pemprov Kepulauan Riau dapat menambah fasilitas karantina bagi pekerja migran dan pelajar yang masuk melalui Batam.

Apalagi Batam menjadi satu dari dua gerbang kedatangan melalui laut yang dibuka pemerintah dalam situasi pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Positif Covid-19, 225 TKI yang Baru Tiba di Batam Langsung Karantina di RSKI Pulau Galang

Saat ini rata-rata kedatangan harian mencapai 250 orang berasal dari Singapura dan Johor, Malaysia.

Menurut Fajar berdasarkan analisis ketersedianan tempat tidur karantina terpusat pemerintah maupun hotel di Batam diperlukan 2.750 tempat tidur. Sementara ketersedian tempat tidur sebanyak 2.712 sehingga kurang 38 tempat tidur.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x