Kompas TV olahraga kompas sport

Mengenal Stadion Nasional Singapura, Venue Final Piala AFF 2020

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 18:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand akan digelar di Stadion Nasional Singapura. Pertemuan kedua tim ini akan berlangsung dalam dua leg, yakni pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022).

Ini merupakan kelima kalinya Singapura menjadi tuan rumah untuk turnamen ini.

Stadion Nasional Singapura atau yang dikenal dengan The National Stadium berlokasi di Kallang, Singapura dan telah dibuka sejak Juni 2014.

Stadion terbesar yang dimiliki oleh singapura ini terletak dalam komplek Singapore Sports Hub, yang merupakan pusat olahraga, hiburan, dan gaya hidup di Singapura dengan luas total mencapai 35 hektar.

Stadion yang jadi markas kandang Timnas Sepakbola dan Kriket Singapura ini merupakan stadion serba guna yang digunakan sebagai venue banyak acara olahraga, budaya, hiburan, hingga acara sosial.

Baca Juga: Final Piala AFF 2020: 4.000 Suporter Garuda Siap Dukung Timnas Indonesia

The National Stadium memiliki kapasitas 55.000 kursi dengan kubah baja seluas 75.000 meter persegi dan tinggi hingga 83 meter.

Atap stadion ini dibuat dari material bernama EFTE yang mampu menahan panas sinar matahari guna menjaga kenyamanan penonton.

Selain itu, atap stadion dilengkapi teknologi canggih sehingga dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dalam waktu 20-25 menit.

Melansir Kompas.com, fasilitas kelas dunia yang ada di Stadion Nasional Singapura membuat stadion ini pernah tiga kali menjadi tuan rumah turnamen pramusim International Champions Cup (ICC).

Klub-klub besar seperti Manchester United, Inter Milan, Juventus, Chelsea, Bayern Muenchen hingga Tottenham Hotspur pernah bermain di stadion kebanggaan Singapura ini.

Baca Juga: Indonesia vs Thailand: Menilik Rekor Merah Putih di Leg 1 Final Piala AFF

(*)

Grafis: Agus Eko




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA


Close Ads x