Kompas TV olahraga kompas sport

Indonesia vs Thailand: Menilik Rekor Merah Putih di Leg 1 Final Piala AFF

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 17:50 WIB
indonesia-vs-thailand-menilik-rekor-merah-putih-di-leg-1-final-piala-aff
Ilustrasi. Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di final Piala AFF 2020. Leg pertama dijadwalkan pada Rabu (29/12/2021). (Sumber: AFF Cup)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Turnamen Piala AFF 2020 akhirnya mencapai babak final yang mempertemukan Indonesia vs Thailand. Partai leg pertama Indonesia vs Thailand dijadwalkan berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021).

Walaupun diselenggarakan di Singapura, Piala AFF tetap menerapkan sistem dua leg di fase gugur edisi kali ini.

Piala AFF sendiri menerapkan final dua leg sejak edisi 2004. Sebelumnya, final diselenggarakan dalam satu pertandingan di negara tuan rumah.

Timnas Indonesia sendiri pernah masuk final tiga kali sejak Piala AFF menerapkan sistem dua leg. Lalu, seperti apa rekornya?

Skuad Merah Putih dua kali masuk final sebelum Piala AFF mengadopsi format baru. Indonesia masuk final pada edisi 2000 dan 2002.

Baca Juga: Final Piala AFF 2020: 4.000 Suporter Garuda Siap Dukung Timnas Indonesia

Sayangnya, dua edisi final tersebut berakhir dengan kekalahan. Uniknya, kekalahan Indonesia diterakan oleh calon lawan mereka kali ini, Thailand.

Indonesia dibungkam 4-1 oleh Thailand di final Piala AFF 2000. Pada 2002, Indonesia imbang 2-2 lawan skuad Gajah Perang hingga babak tambahan waktu, tetapi kalah adu penalti.

Ketika Piala AFF pertama mengenalkan final dua leg, Indonesia kembali masuk final. Ponaryo Astaman dan kawan-kawan ditekuk Singapura 3-1 pada leg pertama.

Indonesia pun akhirnya kalah agregat 5-2.

Di final Piala AFF 2010, Indonesia menghadapi leg pertama dengan melawat ke markas Malaysia. Harimau Malaya memenangkan laga ini dengan skor 3-0.

Skuad Merah Putih berhasil menang 2-1 pada leg kedua. Namun, Indonesia kalah agregat 2-4 dan Malaysia berhak menjuarai Piala AFF.

Baca Juga: Kembali Berlatih Permainan Cepat, Shin Tae Yong Ingin Timnas Punya Mental Juara!

Indonesia terakhir masuk final Piala AFF pada 2016. Skuad Merah Putih menghadapi Thailand pada tahun itu.

Di leg pertama, Andik Vermansyah dan kawan-kawan mengalahkan Gajah Perang dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor.

Akan tetapi, pada leg kedua, Thailand bangkit dan menang 2-0. Indonesia kalah agregat 3-2 dan terpaksa memperpanjang puasa gelarnya di ajang Piala AFF.

Kendati sudah masuk final lima kali, Indonesia belum pernah juara Piala AFF. Anak asuh Shin Tae-yong pun berharap bisa menggondol trofi juara pada edisi kali ini.

Baca Juga: Melihat Peluang Timnas Indonesia Melawan Thailand di Final AFF Leg I
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x