Kompas TV nasional peristiwa

Viral Dokumen Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan, Netizen Geram, Dirjen Dukcapil Buka Suara

Kompas.tv - 26 Desember 2021, 19:31 WIB
viral-dokumen-susi-pudjiastuti-jadi-bungkus-gorengan-netizen-geram-dirjen-dukcapil-buka-suara
Lembar dokumen Dukcapil mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi menjadi bungkus gorengan. (Sumber: Twitter)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah foto yang menunjukkan dokumen resmi berisi surat keterangan nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti yang menjadi bungkus gorengan membuat geram netizen.

Dokumen itu berisi surat keterangan identitas sementara pengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP) Susi Pudjiastuti dan ditandatangani langsung oleh Camat Pangandaran, dikeluarkan pada 20 Januari 2014.

Unggahan tersebut viral di media sosial dan sejumlah netizen mempertanyakan bagaimana bisa dokumen pribadi malah tidak dihancurkan oleh pihak yang bersangkutan jika sudah tak digunakan.

Baca Juga: Viral Pria Terseret Terbang Bersama Layang-layang Setinggi 9 Meter, Turun dengan Terjun Bebas

"Pemerintah tuh gakenal mesin penghancur kertas apa gmn sih, sering bgt nemu ginian. Mana apa2 urusannya masih pake printout kan," keluh netizen.

Salah satu netizen juga mengatakan pernah menemui kejadian serupa dan melaporkan ke Dukcapil. Namun, tanggapan yang diterimanya malah teguran.

"Pernah nemuin fc KK jadi bungkus gorengan. Terus laporlah ke dukcapil kota tsb. Eh malah dinasehatin supaya jangan menyebar berita yg enggak-enggak dan suruh balikin fc KK ke orangnya. Dah tau itu jadi bungkus gorengan, bukannya mereka bebenah diri malah gamau disalahin. Aneh," tulis netizen lain.

Unggahan di media sosial itu diteruskan oleh sejumlah netizen dengan temuan dokumen resmi lain. Ada yang menyertakan surat cerai, kopi kartu keluarga, hingga kopi KTP.

Baca Juga: Viral Video Satpam Tersambar Petir, Berikut Tips Aman Jika Terpaksa Beraktivitas Saat Hujan

Dirjen Dukcapil Buka Suara

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) Zudan Arief Fakrulloh buka suara terkait unggahan yang viral itu. Zudan membenarkan dokumen itu dikeluarkan oleh Dinas Dukcapil. 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x