Kompas TV internasional kompas dunia

China Sebut Amerika Serikat Biang Keladi Krisis Nuklir Iran

Kompas.tv - 25 Desember 2021, 14:55 WIB
china-sebut-amerika-serikat-biang-keladi-krisis-nuklir-iran
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, Jumat (24/12/2021), menyebut Amerika Serikat sebagai biang keladi terjadinya krisis nuklir Iran. Beijing pun meminta Washington mencabut seluruh sanksi yang dijatuhkan terhadap Iran. (Sumber: AP Photo )
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Fadhilah

BEIJING, KOMPAS.TV - China menyebut Amerika Serikat (AS) sebagai biang keladi terjadinya krisis nuklir Iran. Beijing pun meminta Washington mencabut seluruh sanksi yang dijatuhkan terhadap Iran.

"Saya ingin kembali menegaskan, sebagai biang keladi krisis nuklir Iran, AS harus merombak kebijakan 'tekanan maksimum' yang keliru terhadap Iran, dan mencabut seluruh sanksi ilegal terhadap Iran," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian dalam konferensi pers rutin di Beijing, Jumat (24/12/2021), seperti dikutip dari laman Kedutaan Besar China di AS.

"Atas dasar ini, Iran harus melanjutkan kepatuhan sepenuhnya," imbuhnya.

Negosiasi untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 yang disebut Rencana Aksi Komprehensif Bersama (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA) antara Iran dan negara-negara P4+1 akan kembali dilanjutkan di Wina, Austria, pada Senin (27/12/2021) pekan depan.

Baca Juga: Israel Sesumbar Yakin akan Sukses Serang Fasilitas Nuklir Iran

JCPOA terbentuk pada 14 Juli 2015 dan ditandatangani oleh Iran, P5+1 (lima anggota permanen Dewan Keamanan PBB yaitu AS, China, Inggris, Prancis, Rusia, ditambah Jerman), bersama Uni Eropa.

JCPOA menawarkan kepada Iran pelonggaran sanksi sebagai imbal balik dari pengekangan program nuklirnya.

Namun pada Mei 2018, Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump menarik diri secara sepihak dari JCPOA, dan kembali menjatuhkan sanksi kepada Iran.

Langkah Trump tersebut dibalas Teheran dengan melanjutkan aktivitas nuklirnya. Akibatnya, JCPOA nyaris kolaps.

Baca Juga: Iran Peringatkan Israel agar Tak Coba-Coba Serang Fasilitas Nuklir dan Militernya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x