Kompas TV nasional sosial

Risma Ingatkan Pegawai Kemensos Amanah dalam Bekerja: Jabatan Ini Hanya Titipan Tuhan

Kompas.tv - 25 Desember 2021, 05:35 WIB
risma-ingatkan-pegawai-kemensos-amanah-dalam-bekerja-jabatan-ini-hanya-titipan-tuhan
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma ingatkan seluruh pegawai di lingkungan Kemensos agar amanah dan berkinerja. (Sumber: DOK Pemkot Surabaya/Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma mengingatkan kepada segenap pegawai di Kementerian Sosial (Kemensos) untuk amanah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Pernyataan ini disampaikan Risma dalam ambutannya pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Sosial (24/12).

“Saya minta teman-teman amanah dalam menjalankan tugas. Ingat pada saat menduduki jabatan, kita semua sudah bersumpah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” kata Risma dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12/2021). 

Risma mengaku memahami tidak mudah hidup di DKI Jakarta dengan keterbatasan pendapatan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun, dia meminta agar hal tersebut tidak menjadi kendala dalam menjalankan tugas. Justru sebaliknya, menjadi pemacu untuk berkinerja.

Sebab itu, mantan Wali Kota Surabaya ini mengimbau para pegawai di lingkungan Kemensos untuk bisa mawas diri.

Menurut dia, dalam diri manusia ada rasa tidak puas, sehingga ASN harus membatasi keinginannya terkait persoalan duniawi.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres Baru, Tambahkan Posisi Wamen untuk Risma

Dia menekankan di luar banyak Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) seperti orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, masyarakat prasejahtera, dan sebagainya. Mereka hidup tidak seberuntung para pegawai yang mendapatkan gaji dan fasilitas dari negara.

"Punya motor ingin mobil. Punya mobil ingin menambah mobil lagi. Masih banyak saudara-saudara kita di luar sana yang tidak seberuntung kita. Menjadi pegawai Kemensos sangat beruntung dan mulia," jelasnya. 

“Mari kita gunakan jabatan yang kita dapat sesuai kewenangan dan tanggung jawab. Jabatan ini hanya titipan Tuhan. Tidak ada yang patut dibanggakan. Sewaktu-waktu bisa lepas dengan berbagai cara. Berikan yang terbaik mumpung kita bisa,” tegasnya. 

Mensos kemudian mengajak seluruh pegawai untuk terus meningkatkan kinerja dan menjaga integritas. 

“Jangan sampai hari ini sama dengan hari kemarin. Karena itu sama saja dengan kesia-siaan,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, pegawai Kemensos diminta untuk terus belajar, memperbaiki diri, serta sungguh-sungguh mencermati perkembangan lingkungan sehingga lebih peka dan dapat merespons cepat.

Baca Juga: Pengamat: Presiden Jokowi akan Pilih Wamensos dari Kalangan Profesional untuk Risma

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x