Kompas TV nasional agama

Apa Beda Rais Aam dan Ketua Umum PBNU? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 13:27 WIB
apa-beda-rais-aam-dan-ketua-umum-pbnu-ini-penjelasannya
Said Aqil (Kiri) Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar (tengah) dan Gus Yahya (kanan) tampak bergandengan tangan. Peneliti ungkap Khittah NU di balik pencalonan di Muktamar (Sumber: Panitia Muktamar NU)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sembilan orang ahlul halli wal aqdi (AHWA) menetapkan KH Miftachul Akhyar menjadi Rais Aam PBNU periode 2021-2026.

Penetapan KH Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam adalah dihasilkan secara mufakat oleh tim AHWA yang dipimpin oleh KH Ma'ruf Amin pada sidang Muktamar NU ke-34 di Bandar Lampung, Kamis (24/12/21) malam. Selain memilih Rais Aam di NU, agenda Mukmatar NU di Lampung juga menetapkan Ketua Umum PBNU. 

KH Yahya Cholil Staquf atau biasa Gus Yahya resmi menjadi Ketuam Umum PBNU periode 2021-2026.

Dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (24/12), sebelum terpilih menjadi Rais Aam PBNU 2021-2026, KH Miftachul Akhyar menjabat sebagai Rais Aam PBNU selepas KH Ma'ruf Amin maju dalam Pemilu Presiden 2019 lalu.

Pada Munas Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-10 yang digelar pada 25-27 November 2020, pengasuh Ponpes Miftachus Sunnah Kota Surabaya ini ditetapkan sebagai ketua umum menggantikan KH Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Diwarnai Interupsi Soal Keabsahan 39 Perwakilan, Pemilihan Ketum PBNU Sempat Diskors

KH Miftachul Akhyar akan mengemban tugas di MUI hingga 2025. Lantas, apa itu Rais 'Aam di NU dan perbedaan Rais Aam dan Ketua Umum PBNU?

Rais Aam adalah istilah untuk menyebut pemimpin tertinggi di dalam jam’iyah NU. Lengkapnya disebut Rais Aam Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Dirangkum dari laman NU Online, Rais 'Aam memiliki fungsi, wewenang, dan tugas dalam jam’iyah. Fungsi Rais 'Aam adalah sebagai kepala Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa).

Semua keputusannya secara kolektif dalam syuriyah bersifat mengikat dan ditaati.

Dengan adanya Rais 'Aam dan posisi Ketua Umum sendiri, PBNU secara tidak langsung memiliki dua "Ketua Umum".

Namun, perbedaan Rais 'Aam dan Ketua Umum PBNU adalah Rais 'Aam lebih kepada syuriyah yang beranggotakan para Kiai besar NU.

Sementara itu Ketua Umum lebih kepada tanfidziyah (pelaksana) yang beranggotakan pengurus seperti organisasi lainnya. Saat pertama Nahdlatul Ulama lahir pada 16 Rajab 1344 bertepatan pada 31 Januari 1926, kedudukan Rais Akbar diberikan kepada KH Hasyim Asy’ari.

Tetapi, setelah Kiai Hasyim Asy’ari meninggal dunia, kedudukan tersebut secara istilah tidak digunakan lagi. KH Wahab Chasbullah yang menggantikan Kiai Hasyim Asy’ari lebih memilih istilah Rais Aam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x