Kompas TV regional berita daerah

Pameran Kitab Karya Ulama Nusantara Ramaikan Muktamar di Lampung

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 16:47 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Gelaran Muktamar ke-34 NU yang telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, 22 Desember 2021 juga turut dimeriahkan dengan berbagai pameran, salah satunya pameran manuskrip Nahdlatul Turots, yang berarti kebangkitan literasi kuno karya ulama nusantara.

Pameran yang diselenggarakan oleh Konsorsium Filolog pesantren nusantara ini bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi generasi muda dalam membangun dan meneguhkan jati diri bangsa.

Baca Juga: Sebagian Peserta Muktamar Simak Jalanya Sidang Pleno dari Luar Ruangan

Selain itu, pameran ini juga dijadikan sebagai suatu ajang pengenalan ragam manuskrip karya ulama nusantara bagi generasi muda lantaran diketahui kebanyakan literasi yang kerap digunakan lebih condong pada dunia barat.

Menurut Usman Hasan Akhyari, setidaknya terdapat 30 judul koleksi yang sudah berusia 100 tahun lebih yang berasal dari gabungan akademisi serta pondok pesantren di seluruh Indonesia.

Sementara, untuk penghimpunan koleksi dilakukan dengan bekerja sama dan berkoordinasi dengan puluhan pondok pesantren yang telah dikunjungi.

Baca Juga: Kerajinan Khas Lampung Laris Diburu Peserta Muktamar

Pameran nahdlatul turots ini digelar mulai dari 21 hingga 23 desember 2021, selama gelaran NU berlangsung.

#muktamarnu #pamerankitab #manuskripulama



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x