Kompas TV nasional peristiwa

Warga Jakarta Diminta Waspada Cuaca Esktrem 23-24 Desember, Hujan Lebat hingga Banjir Bandang

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 09:50 WIB
warga-jakarta-diminta-waspada-cuaca-esktrem-23-24-desember-hujan-lebat-hingga-banjir-bandang
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat Jakarta mewaspadai cuaca ekstrem pada 23-24 Desember 2021. 

"Waspada cuaca ekstrem, durasi: 23 Desember 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 24 Desember 2021 pukul 07.00 WIB," tulis BPBD DKI pada akun Instagram @bpbddkijakarta, dikutip Kamis (23/12/21).

Melalui akun Instagram resminya @bpbddkijakarta, BPBD DKI menjelaskan, ada potensi hujan lebat dengan dampak banjir banding di DKI Jakarta.

Untuk wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat dalam status siaga, sementara status waspada meliputi Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat. 

"Terdapat potensi Hujan Lebat dengan dampak banjir/bandang di DKI Jakarta (Status SIAGA) meliputi Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Sementara itu (Status WASPADA) meliputi Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat," tulis BPBD. 

Baca Juga: Prediksi BMKG Hari Ini, Sejumlah Wilayah Jakarta Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir

Masyarakat diminta untuk siap siaga dan terus memantau tinggi muka air (TMA) yang dapat dipantau melalui link http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel/

"Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui link http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir," tulis akun tersebut. 

Informasi detail terkait perkiraan dampak BMKG dapat diakses melalui https://signature.bmkg.go.id

Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112.

"Laporkan bila ditemukan genangan/ banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana. Selain itu, kami akan membagikan peringatan dini melalui media sosial BPBD DKI Jakarta & Aplikasi JAKI," tulis BPBD. 

Baca Juga: Waspada! BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Buruk di Wilayah Tengah dan Timur Indonesia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x