Kompas TV regional peristiwa

Masa Tanggap Darurat Bencana Gunung Semeru Berakhir 24 Desember

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 20:15 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Masa tanggap darurat bencana Gunung Semeru akan berakhir pada 24 Desember 2021. Percepatan pembangunan hunian sementara kini dikebut di lahan seluas 88 hektar.

Trauma, tangis, dan kawatir masih menyelimuti warga terdampak guguran awan panas Gunung Semeru.

Kehilangan anggota keluarga tengah dirasakan sebagian warga. Sekitar 2.000 lebih rumah warga di beberapa kecamatan telah rusak.

Guguran awan panas Semeru dan banjir lahar hujan juga telah menghancurkan lahan pertanian.

Baca Juga: Ada Baliho Puan Maharani di Lokasi Bencana Gunung Semeru, Pengamat: Tak Berempati dengan Korban

Warga kini berharap relokasi segera dilakukan dengan cepat. Di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Pemprov Jatim kini tengah menyiapkan titik lokasi relokasi yang seluas 88 hektar dari 89 hektar yang dibutuhkan.

Mendekati akhir masa tanggap darurat 24 Desember 2021 detail planing pembangunan hunian sementara masih dalam koordinasi.

Tak hanya rumah namun fasilitas umum dan tempat ibadah akan dibangun dalam satu kawasan.

Rabu pagi kondisi Gunung Semeru terlihat mengeluarkan hembusan asap dari atas kawah, sementara banjir lahar masih kerap terjadi.

Terakhir Selasa sore kemarin, banjir lahar dingin gunung semeru menerjang sejumlah daerah aliran sungai di Lumajang, Jawa Timur.

Hingga saat ini sekitar 10 ribu lebih warga masih bertahan di pengungsian karena memang rumah mereka tak dapat lagi ditinggali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x